Kompetensi 1 : Mengenal karakteristik peserta didik |
||
1.1 |
Guru dapat mengidentifikasi karakteristik belajar setiap peserta
didik |
|
di kelasnya. |
||
1.2 |
Guru memastikan bahwa semua peserta didik mendapatkan kesempatan |
|
yang sama untuk
berpartisipasi aktif dalam kegiatan pembelajaran. |
||
1.3 |
Guru dapat mengatur kelas untuk memberikan kesempatan belajar
yang |
|
sama pada semua peserta didik dengan kelainan fisik dan
kemampuan |
||
belajar yang berbeda |
||
1.4 |
Guru mencoba mengetahui penyebab penyimpangan perilaku peserta |
|
didik untuk mencegah agar perilaku tersebut tidak merugikan
peserta |
||
didik lainnya |
||
1.5 |
Guru membantu mengembangkan potensi dan mengatasi kekurangan |
|
peserta didik |
||
1.6 |
Guru memperhatikan peserta didik dengan kelemahan fisik tertentu
agar |
|
dapat mengikuti aktivitas pembelajaran, sehingga peserta didik
tersebut |
||
tidak termarginalkan (tersisihkan, diolok-olok, minder, dsb.). |
||
Kompetensi 2 : Menguasai
teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran |
||
2.1 |
Guru memberi kesempatan kepada peserta didik untuk menguasai
materi |
|
pembelajaran sesuai usia dan kemampuan belajarnya melalui
pengaturan |
||
proses pembelajaran dan aktivitas yang bervariasi. |
||
2.2 |
Guru selalu memastikan tingkat pemahaman peserta didik terhadap |
|
materi pembelajaran tertentu dan menyesuaikan aktivitas
pembelajaran |
||
berikutnya berdasarkan tingkat pemahaman tersebut. |
||
2.3 |
Guru dapat menjelaskan alasan pelaksanaan kegiatan/aktivitas
yang |
|
dilakukannya, baik yang sesuai maupun yang berbeda dengan
rencana, |
||
terkait keberhasilan pembelajaran. |
||
2.4 |
Guru menggunakan berbagai teknik untuk memotiviasi kemauan |
|
belajar peserta didik. |
||
2.5 |
Guru merencanakan kegiatan pembelajaran yang saling terkait satu
sama |
|
lain, dengan memperhatikan tujuan pembelajaran maupun proses |
||
belajar peserta didik. |
||
2.6 |
Guru memperhatikan respon peserta didik yang belum/kurang
memahami |
|
materi pembelajaran yang diajarkan dan menggunakannya untuk |
||
memperbaiki rancangan pembelajaran berikutnya. |
||
Kompetensi 3 : Pengembangan kurikulum |
||
3.1 |
Guru dapat menyusun silabus yang sesuai dengan kurikulum. |
|
3.2 |
Guru merancang rencana pembelajaran yang sesuai dengan silabus |
|
untuk membahas materi ajar tertentu agar peserta didik dapat
mencapai |
||
kompetensi dasar yang ditetapkan. |
||
3.3 |
Guru mengikuti urutan materi pembelajaran dengan memperhatikan |
|
tujuan pembelajaran. |
||
3.4 |
Guru memilih materi pembelajaran yang: a) sesuai dengan tujuan |
|
pembelajaran, b) tepat dan mutakhir, c) sesuai dengan usia dan
tingkat |
||
kemampuan belajar peserta didik, dan d) dapat dilaksanakan di
kelas e) |
||
sesuai dengan konteks kehidupan sehari-hari peserta didik. |
||
Kompetensi 4 : Kegiatan Pembelajaran yang Mendidik |
||
4.1 |
Guru melaksanakan aktivitas pembelajaran sesuai dengan rancangan
|
|
yang telah disusun secara lengkap dan pelaksanaan aktivitas
tersebut |
||
mengindikasikan bahwa guru mengerti tentang tujuannya. |
||
4.2 |
Guru melaksanakan aktivitas pembelajaran yang bertujuan untuk
membantu |
|
proses belajar peserta didik, bukan untuk menguji sehingga
membuat |
||
peserta didik merasa tertekan. |
||
4.3 |
Guru mengkomunikasikan informasi baru (misalnya materi tambahan)
|
|
sesuai dengan usia dan tingkat kemampuan belajar peserta didik. |
||
4.4 |
Guru menyikapi kesalahan yang dilakukan peserta didik sebagai
tahapan |
|
proses pembelajaran, bukan semata-mata kesalahan yang harus
dikoreksi. |
||
Misalnya: dengan mengetahui terlebih dahulu peserta didik lain
yang |
||
setuju atau tidak setuju dengan jawaban tersebut, sebelum
memberikan |
||
penjelasan tentang jawaban yang benar. |
||
4.5 |
Guru melaksanakan kegiatan pembelajaran sesuai isi kurikulum dan |
|
mengkaitkannya dengan konteks kehidupan sehari-hari peserta
didik. |
||
4.6 |
Guru melakukan aktivitas pembelajaran secara bervariasi dengan
waktu |
|
yang cukup untuk kegiatan pembelajaran yang sesuai dengan usia
dan |
||
tingkat kemampuan belajar dan mempertahankan perhatian peserta
didik. |
||
4.7 |
Guru mengelola kelas dengan efektif tanpa mendominasi atau sibuk
|
|
dengan kegiatannya sendiri agar semua waktu peserta dapat |
||
termanfaatkan secara produktif. |
||
4.8 |
Guru mampu menyesuaikan aktivitas pembelajaran yang dirancang |
|
dengan kondisi kelas. |
||
4.9 |
Guru memberikan banyak kesempatan kepada peserta didik untuk |
|
bertanya, mempraktekkan dan berinteraksi dengan peserta didik
lain. |
||
4.10 |
Guru mengatur pelaksanaan aktivitas pembelajaran secara
sistematis untuk |
|
membantu proses belajar peserta didik. Sebagai contoh: guru
menambah |
||
informasi baru setelah mengevaluasi pemahaman peserta didik
terhadap |
||
materi sebelumnya. |
||
4.11 |
Guru menggunakan alat bantu mengajar, dan/atau audio-visual |
|
(termasuk TIK) untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik
dalam |
||
mencapai tujuan pembelajaran. |
||
Kompetensi 5 : Memahami
dan mengembangkan potensi |
||
5.1 |
Guru menganalisis hasil belajar berdasarkan segala bentuk
penilaian |
|
terhadap setiap peserta didik untuk mengetahui tingkat kemajuan
masing2. |
||
5.2 |
Guru merancang dan melaksanakan aktivitas pembelajaran yang |
|
mendorong peserta didik untuk belajar sesuai dengan kecakapan
dan |
||
pola belajar masing-masing. |
||
5.3 |
Guru merancang dan melaksanakan aktivitas pembelajaran untuk me- |
|
munculkan daya kreativitas dan kemampuan berfikir kritis peserta
didik. |
||
5.4 |
Guru secara aktif membantu peserta didik dalam proses
pembelajaran |
|
dengan memberikan perhatian kepada setiap individu. |
||
5.5 |
Guru dapat mengidentifikasi dengan benar tentang bakat, minat,
potensi, |
|
dan kesulitan belajar masing-masing peserta didik. |
||
5.6 |
Guru memberikan kesempatan belajar kepada peserta didik sesuai |
|
dengan cara belajarnya masing-masing. |
||
5.7 |
Guru memusatkan perhatian pada interaksi dengan peserta didik
dan men- |
|
dorongnya untuk memahami dan menggunakan informasi yang
disampaikan. |
||
Kompetensi 6 : Komunikasi
dengan peserta didik |
||
6.1 |
Guru menggunakan pertanyaan untuk mengetahui pemahaman dan |
|
menjaga partisipasi peserta didik, termasuk memberikan
pertanyaan |
||
terbuka yang menuntut peserta didik untuk menjawab dengan ide
dan |
||
pengetahuan mereka. |
||
6.2 |
Guru memberikan perhatian dan mendengarkan semua pertanyaan dan |
|
tanggapan peserta didik, tanpa menginterupsi, kecuali jika
diperlukan |
||
untuk membantu atau mengklarifikasi pertanyaan/tanggapan
tersebut. |
||
6.3 |
Guru menanggapinya pertanyaan peserta didik secara tepat, benar,
dan |
|
mutakhir, sesuai tujuan pembelajaran dan isi kurikulum, tanpa |
||
mempermalukannya. |
||
6.4 |
Guru menyajikan kegiatan pembelajaran yang dapat menumbuhkan |
|
kerja sama yang baik antar pesertadidik. |
||
6.5 |
Guru mendengarkan dan memberikan perhatian terhadap semua
jawaban |
|
peserta didik baik yang benar maupun yang dianggap salah untuk |
||
mengukur tingkat pemahaman peserta didik. |
||
6.6 |
Guru memberikan perhatian terhadap pertanyaan peserta didik dan |
|
meresponnya secara lengkap dan relevan untuk menghilangkan |
||
kebingungan pada peserta didik. |
||
Kompetensi 7 : Penilaian dan evaluasi |
||
7.1 |
Guru menyusun alat penilaian yang sesuai dengan tujuan
pembelajaran |
|
untuk mencapai kompetensi tertentu seperti yang tertulis dalam
RPP. |
||
7.2 |
Guru melaksanakan penilaian dengan berbagai teknik dan jenis
penilaian, |
|
selain penilaian formal yang dilaksanakan sekolah, dan
mengumumkan |
||
hasil serta implikasinya kepada peserta didik, tentang tingkat
pemahaman |
||
terhadap materi pembelajaran yang telah dan akan dipelajari. |
||
7.3 |
Guru menganalisis hasil penilaian untuk mengidentifikasi
topik/kompetensi |
|
dasar yang sulit sehingga diketahui kekuatan dan kelemahan |
||
masing-masing peserta didik untuk keperluan remedial dan
pengayaan. |
||
7.4 |
Guru memanfaatkan masukan dari peserta didik dan
merefleksikannya |
|
untuk meningkatkan pembelajaran selanjutnya, dan dapat
membuktikannya |
||
melalui catatan, jurnal pembelajaran, rancangan pembelajaran, |
||
materi tambahan, dan sebagainya. |
||
7.5 |
Guru memanfatkan hasil penilaian sebagai bahan penyusunan
rancangan |
|
pembelajaran yang akan dilakukan selanjutnya. |
||
Kompetensi 8 : Bertindak sesuai dengan norma agama, hukum,
sosial dan |
||
kebudayaan nasional Indonesia |
||
8.1 |
Guru menghargai dan mempromosikan prinsip-prinsip Pancasila
sebagai |
|
dasar ideologi dan etika bagi semua warga Indonesia. |
||
8.2 |
Guru mengembangkan kerjasama dan membina kebersamaan dengan |
|
teman sejawat tanpa memperhatikan perbedaan yang ada |
||
(misalnya: suku, agama, dan gender). |
||
8.3 |
Guru saling menghormati dan menghargai teman sejawat sesuai
dengan |
|
kondisi dan keberadaan masing-masing. |
||
8.4 |
Guru memiliki rasa persatuan dan kesatuan sebagai bangsa
Indonesia. |
|
8.5 |
Guru mempunyai pandangan yang luas tentang keberagaman bangsa |
|
Indonesia (misalnya: budaya, suku, agama). |
||
Kompetensi 9 : Menunjukkan pribadi yang dewasa dan teladan |
||
9.1 |
Guru bertingkah laku sopan dalam berbicara, berpenampilan, dan |
|
berbuat terhadap semua peserta didik, orang tua, dan teman
sejawat. |
||
9.2 |
Guru mau membagi pengalamannya dengan teman sejawat, termasuk |
|
mengundang mereka untuk mengobservasi cara mengajarnya dan |
||
memberikan masukan. |
||
9.3 |
Guru mampu mengelola pembelajaran yang membuktikan bahwa guru |
|
dihormati oleh peserta didik, sehingga semua peserta didik
selalu |
||
memperhatikan guru dan berpartisipasi aktif dalam proses
pembelajaran. |
||
9.4 |
Guru bersikap dewasa dalam menerima masukan dari peserta didik
dan |
|
memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk berpartisipasi |
||
dalam proses pembelajaran. |
||
9.5 |
Guru berperilaku baik untuk mencitrakan nama baik sekolah. |
|
Kompetensi 10 : Etos kerja, tanggung jawab yang tinggi, dan rasa
|
||
bangga menjadi guru |
||
10.1 |
Guru mengawali dan mengakhiri pembelajaran dengan tepat waktu. |
|
10.2 |
Jika guru harus meninggalkan kelas, guru mengaktifkan siswa
dengan |
|
melakukan hal-hal produktif terkait dengan mata pelajaran, dan
meminta |
||
guru piket atau guru lain untuk mengawasi kelas. |
||
10.3 |
Guru memenuhi jam mengajar dan dapat melakukan semua kegiatan
lain |
|
di luar jam mengajar berdasarkan ijin dan persetujuan pengelola
sekolah. |
||
10.4 |
Guru meminta ijin dan memberitahu lebih awal, dengan memberikan
alasan |
|
dan bukti yang sah jika tidak menghadiri kegiatan yang telah |
||
direncanakan, termasuk proses pembelajaran di kelas. |
||
10.5 |
Guru menyelesaikan semua tugas administratif dan
non-pembelajaran |
|
dengan tepat waktu sesuai standar yang ditetapkan. |
||
10.6 |
Guru memanfaatkan waktu luang selain mengajar untuk kegiatan |
|
yang produktif terkait dengan tugasnya. |
||
10.7 |
Guru memberikan kontribusi terhadap pengembangan sekolah dan |
|
mempunyai prestasi yang berdampak positif terhadap nama baik
sekolah. |
||
10.8 |
Guru merasa bangga dengan profesinya sebagai guru. |
|
Kompetensi 11 : Bersikap inklusif, bertindak objektif, serta
tidak diskriminatif. |
||
11.1 |
Guru memperlakukan semua peserta didik secara adil, memberikan |
|
perhatian dan bantuan sesuai kebutuhan masing-masing, tanpa |
||
memperdulikan faktor personal. |
||
11.2 |
Guru menjaga hubungan baik dan peduli dengan teman sejawat |
|
(bersifat inklusif), serta berkontribusi positif terhadap semua
diskusi |
||
formal dan informal terkait dengan pekerjaannya. |
||
11.3 |
Guru sering berinteraksi dengan peserta didik dan tidak
membatasi |
|
perhatiannya hanya pada kelompok tertentu (misalnya: peserta
didik yang |
||
pandai, kaya, berasal dari daerah yang sama dengan guru). |
||
Kompetensi 12 : Komunikasi dengan sesama guru, tenaga
pendidikan, |
||
orang tua peserta didik, dan masyarakat |
||
12.1 |
Guru menyampaikan informasi tentang kemajuan, kesulitan, dan
potensi |
|
peserta didik kepada orang tuanya, baik dalam pertemuan formal
maupun |
||
tidak formal antara guru dan orang tua, teman sejawat, dan dapat
|
||
menunjukkan buktinya. |
||
12.2 |
Guru ikut berperan aktif dalam kegiatan di luar pembelajaran
yang |
|
diselenggarakan oleh sekolah dan masyarakat dan dapat memberikan
|
||
bukti keikutsertaannya. |
||
12.3 |
Guru memperhatikan sekolah sebagai bagian dari masyarakat, |
|
berkomunikasi dengan masyarakat sekitar, serta berperan dalam
kegiatan |
||
sosial di masyarakat. |
||
Kompetensi 13 : Penguasaan materi struktur konsep dan pola pikir
keilmuan |
||
yang mendukung mata
pelajaran yang diampu |
||
13.1 |
Guru melakukan pemetaan standar kompetensi dan kompetensi dasar |
|
untuk mata pelajaran yang diampunya, untuk mengidentifikasi
materi pem- |
||
belajaran yang dianggap sulit, melakukan perencanaan dan
pelaksanaan |
||
pembelajaran, dan memperkirakan alokasi waktu yang diperlukan. |
||
13.2 |
Guru menyertakan informasi yang tepat dan mutakhir di dalam |
|
perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran. |
||
13.3 |
Guru menyusun materi, perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran
yang |
|
berisi informasi yang tepat, mutakhir, dan yang membantu peserta
didik |
||
untuk memahami konsep materi pembelajaran. |
||
Kompetensi 14 : Mengembangkan keprofesian melalui tindakan
reflektif |
||
14.1 |
Guru melakukan evaluasi diri secara spesifik, lengkap, dan didukung |
|
dengan contoh pengalaman diri sendiri. |
||
14.2 |
Guru memiliki jurnal pembelajaran, catatan masukan dari kolega
atau hasil |
|
penilaian proses pembelajaran sebagai bukti yang menggambarkan |
||
kinerjanya. |
||
14.3 |
Guru memanfaatkan bukti gambaran kinerjanya untuk
mengembangkan |
|
perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran selanjutnya dalam
program |
||
Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB). |
||
14.4 |
Guru dapat mengaplikasikan pengalaman PKB dalam perencanaan, |
|
pelaksanaan, penilaian pembelajaran dan tindak lanjutnya. |
||
14.5 |
Guru melakukan penelitian, mengembangkan karya inovasi,
mengikuti |
|
kegiatan ilmiah (misalnya seminar, konferensi), dan aktif dalam |
||
melaksanakan PKB. |
||
14.6 |
Guru dapat memanfaatkan TIK dalam berkomunikasi dan pelaksanaan
PKB. |
PKG - Guru Mata Pelajaran
Langganan:
Postingan (Atom)