A. Usaha Pengembangan Madrasah


A.

Usaha Pengembangan Madrasah

A.1

Mengembangkan madrasah sesuai dengan kebutuhan

A.1.1

Mampu menggembangkan struktur organisasi yang sesuai

dengan kebutuhan program

A.1.1.1

Dokumen struktur madrasah

Melalui observasi dan studi dokumen:

A.1.1.1.1

Bagan/struktur organisasi

A.1.1.1.2

Notulen rapat yang berisi keputusan tentang

penyusunan struktur organisasi

A.1.1.1.3

Dokumen sosialisasi

A.1.1.1.4

Daftar Hadir

A.1.2

Mampu menempatkan personalia yang sesuai dengan

kebutuhan

A.1.2.1

Dokumen uraian tugas personalia di madrasah

Melalui studi dokumen:

A.1.2.1.1

Dokumen penetapan/pengesahan susunan

organisasi madrasah

A.1.2.1.2

Rincian tugas setiap personil pada struktur

organisasi madrasah

A.1.2.1.3

SOP Personalia

A.1.2.1.4

Sertifikat

A.1.3

Mampu mengembangkan pedoman dan prosedur kerja

organisasi madrasah

A.1.3.1

Pedoman dan prosedur kerja organisasi madrasah

Melalui obsevasi dokumen:

A.1.3.1.1

SOP madrasah

A.2

Mengelola perubahan dan pengembangan madrasah menuju organisasi

pembelajar yang efektif

A.2.1

Mampu mengembangkan program baru untuk meningkatkan

pencapaian target yang lebih tinggi

A.2.1.1

Program pengembangan madrasah mengandung target

pencapaian pada indikator keunggulan khas satuan

pendidikan, kerja sama tim, dan data realisasi target

yang meningkat daripada pencapaian sebelumnya

Melalui studi dokumen:

A.2.1.1.1

Visi dan Misi madrasah

A.2.1.1.2

Data prestasi madrasah

A.2.1.1.3

Data hasil UN 3 tahun terahir

A.2.1.1.4

Data Alumni

A.2.2

Mampu mengembangkan program baru untuk meningkatkan

pencapaian target yang lebih tinggi

A.2.2.1

Terdapat struktur organisasi yang dilengkapi dengan

distribusi dan deskripsi pembagian tugas

Melalui observasi dan studi dokumen:

A.2.2.1.1

Bagan/struktur organisasi

A.2.2.1.2

SK

A.2.2.1.3

Tugas dan fungsi

A.2.2.1.4

Terbentuknya KKG/MGMP

A.2.2.1.5

Program KKG/MGMP

A.2.2.1.6

Laporan kegiatan KKG/MGMP

A.2.3

Mampu menerapkan berbagai teknik pembaharuan dalam

pengelolaan pembelajaran

A.2.3.1

Terdapat penerapan strategi pembaharuan dengan

strategi yang terprogram

Melalui studi dokumen:

A.2.3.1.1

KTSP

A.2.3.1.2

Kalender pendidikan

A.2.3.1.3

Perangkat pembelajaran

A.2.3.1.4

Penilaian

A.2.3.1.5

Peraturan akademik

A.2.4

Mampu mengembangkan potensi dan meningkatkan prestasi

madrasah

A.2.4.1

Dokumen bukti perkembanganpotensi dan prestasi

peserta didik, yang meningkat dari waktu ke waktu

Melalui studi dokumen:

A.2.4.1.1

data prestasi madrasah 1 tahun terahir

A.2.4.1.2

data hasil UN 1 tahun terahir

A.2.4.1.3

Dokumen Akreditasi

A.2.4.1.4

Program Ekstrakurikuler

A.3

Mengelola hubungan antara madrasah dan masyarakat dalam rangka

pencarian dukungan ide, sumber belajar, dan pembiayaan

A.3.1

Merencanakan kerjasama dengan lembaga pemerintah, swasta

dan masyarakat

A.3.1.1

Data kerjasama dengan lembaga pemerintah, swasta,

dan masyarakat

Melalui studi dokumen:

A.3.1.1.1

SK komite madasah

A.3.1.1.2

AD/ART komite madrasah

A.3.1.1.3

Program kerja komite madrasah

A.3.1.1.4

Laporan kegiatan komite madrasah

A.3.1.1.5

Dokumen tertulis kerja sama (MoU)

A.3.2

Melakukan pendekatan-pendekatan dalam rangka mendapatkan

dukungan dari lembaga pemerintah, swasta dan masyarakat

A.3.2.1

Dokumen pragram kerjasama dengan pemerintah,

swasta, dan masyarakat

Melalui studi dokumen:

A.3.2.1.1

Program kegiatan kerja sama

A.3.2.1.2

Foto kegiatan

A.3.2.1.3

Jadwal Kegiatan

A.3.2.1.4

SK Penanggung Jawab program

A.3.3

Memanfaatkan dan memelihara hubungan kerjasama dengan

lembaga pemerintah, swasta dan masyarakat

A.3.3.1

Data hasil kerjasama dengan lembega pemerintah,

swasta, dan masyarakat

Melalui studi dokumen:

A.3.3.1.1

Laporan kegiatan kerja sama

A.4

Mengelola proses pencapaian 8 SNP sesuai dengan arah dan tujuan

Pendidikan nasional

A.4.1

Mengaplikasikan pengembangan kurikulum yang mengacu

kepada standar isi

A.4.1.1

Dokumen analisis 8 SNP dalam hal standar ini

Melalui studi dokumen:

A.4.1.1.1

KTSP

A.4.1.1.2

Kalender pendidikan

A.4.1.1.3

Perangkat pembelajaran

A.4.1.1.4

Penilaian

A.4.1.1.5

Peraturan akademik

A.4.1.1.6

Buku Kerja Guru

A.4.2

Mengaplikasikan pengembangan proses pembelajaran yang

mengacu kepada standar proses

A.4.2.1

Dokumen analisis 8 SNP dalam hal standar proses

Melalui studi dokumen:

A.4.2.1.1

Dokumen pengembangan silabus

A.4.2.1.2

RPP

A.4.2.1.3

RPE

A.4.2.1.4

Buku teks

A.4.2.1.5

Jurnal mengajar guru

A.4.2.1.6

Data siswa

A.4.3

Mengaplikasikan sistem penilaian pembelajaran yang mengacu

kepada standar penilaian

A.4.3.1

Dokumen analisis 8 SNP dalam hal standar penilaian

Melalui studi dokumen:

A.4.3.1.1

Instrumen penilaian

A.4.3.1.2

Kisi-kisi soal

A.4.3.1.3

Kumpulan nakah soal

A.4.3.1.4

Analisis butir soal

A.4.3.1.5

Dokumen analisis hasil belajar siswa

A.4.3.1.6

Laporan hasil belajar siswa

A.4.3.1.7

Tindak lanjut hasil penilaian

A.4.3.1.8

Dokumen pelaksanaan PAS

A.4.3.1.9

Dokumen pelaksanaan PAT

A.4.4

Melaksanakan penjaminan mutu pencapaian standar

kompetensi lulusan

A.4.4.1

Dokumen analisis 8 SNP dalam hal standar kompetensi

lulusan

Melalui studi dokumen:

A.4.4.1.1

Dokumen program kegiatan kesiswaan

A.4.4.1.2

Laporan kegiatan kesiswaan

A.4.4.1.3

Dokumentasi kegiatan kesiswaan

A.4.4.1.4

Laporan kegiatan pembiasaan siswa

A.4.4.1.5

Dokumen kegiatan literasi

A.4.4.1.6

Data rata-rata hasil ujian 2 tahun terahir

A.4.4.1.7

Data prestasi akademik 2 tahun terahir

A.4.4.1.8

Data prestasi non akademik 2 tahun terahir

A.5

Mengelola unit layanan khusus madrasah dalam mendukung kegiatan

pembelajaran dan kegiatan peserta didik di madrasah

A.5.1

Mampu mengelola laboratorium madrasah agar dapat

dimanfaatkan secara optimal untuk kepentingan pembelajaran

peserta didik

A.5.1.1

Adanya bukti pemanfaatan laboratorium dalam

pembelajaran, jadwal, kegiatan, dll

Observasi dan studi dokumen:

A.5.1.1.1

luas memenuhi sesuai standar

A.5.1.1.2

sarana pendukung lab

A.5.1.1.3

jurnal laboratorium

A.5.1.1.4

Program Pengembangan Sarpras

A.5.2

Mampu mengelola perpustakaan madrasah dalam menyiiapkan

 sumber belajar yang diperlukan oleh peserta didik

A.5.2.1

Adanya bukti pemanfaatan lperpustakaan dalam

pembelajaran, jadwal, kegiatan, dll

Observasi dan studi dokumen:

A.5.2.1.1

luas memenuhi sesuai standar

A.5.2.1.2

sarana pendukung

A.5.2.1.3

daftar buku induk perpustakaan

A.5.2.1.4

laporan/statistic pengelolaan perpustakaan

A.5.3

Mampu mengelola usaha madrasah untuk pembelajaran

pesera didik dan pemasukan tambahan dana bagi madrasah

A.5.3.1

Adanya bukti kegiatan usaha madrasah dalam

pembelajaran

Melalui studi dokumen:

A.5.3.1.1

data/laporan kegiatan usaha madrasah

A.5.4

Mampu mengelola koperasi madrasah baik sebagai media

praktik maupun sebagai sumber belajar bagi peserta didik

A.5.4.1

Adanya bukti pemanfaatan koperasi dalam

pembelajaran, jadwal, kegiatan, dll

Observasi dan studi dokumen:

A.5.4.1.1

instrumen hasil praktek pembelajaran

A.5.4.1.2

foto kegiatan praktik

A.6

Mengelola sistem informasi madrasah dalam mendukung penyusunan

program dan pengambilan keputusan

A.6.1

Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi dalam

manajemen madrasah

A.6.1.1

Adanya bukti pemanfaatan teknologi indformasi dan

komunikasi dalam manajemen madrasah

Observasi, studi dokumen dan wawancara:

A.6.1.1.1

fasilitas teknologi dan informasi

A.6.1.1.2

sumber daya informasi

A.6.2

Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi dalam

pembelajaran, baik sebagai sumber belajar maupun sebagai

alat/media pembelajaran

A.6.2.1

Adanya bukti pemanfaatan teknologi indformasi dan

komunikasi sebagai sumber belajar dan media

pembelajaran

Observasi lingkungan madrasah dan wawancara:

A.6.2.1.1

ketersediaan komputer

A.6.2.1.2

 jaringan internet

A.6.2.1.3

website madrasah

A.6.2.1.4

alamat email madrasah

A.6.2.1.5

pemanfaatn TIK untuk pembelajaran

A.6.3

Memanfaatkan teknologi teknologi informasi dan komunikasi

dalam menjalin kerjasama dengan pihak lain

A.6.3.1

Adanya bukti pemanfaatan teknologi informasi dan

komunikasi dalam menjalin kerjasama dengan pihak lain

Observasi lingkungan madrasah, wawancara dan

studi dokumen:

A.6.3.1.1

pengelolaan SIM

A.6.3.1.2

fasilitas SIM

A.6.3.1.3

surat tugas pengelola SIM

A.6.3.1.4

pelaporan data dan informasi

A.6.4

Memanfaatkan teknologi teknologi informasi dan komunikasi

dalam promosi program madrasah dan prestasi yang telah dicapai

A.6.4.1

Adanya bukti pemanfaatan teknologi informasi dan

komunikasi dalam promosi program madrasah dan

prestasi yang dicapai

Observasi lingkungan madrasah, wawancara dan

studi dokumen:

A.6.4.1.1

pengelolaan SIM

A.6.4.1.2

fasilitas SIM

A.6.4.1.3

surat tugas pengelola SIM

A.6.4.1.4

pelaporan data dan informasi

A.7

Memanfaatkan kemajuan teknologi informasi bagi peningkatan

pembelajaran dan manajemen madrasah

A.7.1

Mampu mengembangkan sistem administrasi pengelolaan

secara efektif dengan dukungan penerapan teknologi

informasi dan komunikasi

A.7.1.1

Terdapat penerapan TIK (berbasis komputer, CD,

jejaring intranet, internet) dalam pengelolaan

administrasi persuratan, sarana prasarana, kepegawaian,

kepeserta didikan, dan keuangan

Observasi lingkungan madrasah dan wawancara:

A.7.1.1.1

jumlah komputer dan LCD yang cukup

A.7.1.1.2

memiliki jaringan internet

A.7.1.1.3

memiliki web sekolah

A.7.1.1.4

memiliki e-mail madrasah

A.7.1.1.5

Memanfaatkan TIK untuk adminitrasi madrasah

A.7.2

Mengelola adminsistasi pembelajaran secara efektif dengan

dukungan penerapan teknologi informasi dan komunikasi

A.7.2.1

Model penerapan TIK dalam pengelolaan adminsitrasi

kurikulum dan pembelajaran, misalnya, pengelolaan

kurikulum berbasis komputer, intranet, dan internet

Observasi lingkungan madrasah dan wawancara:

A.7.2.1.1

jumlah kompute dan LCD yang cukup

A.7.2.1.2

memiliki jaringan internet

A.7.2.1.3

memanfaatkan TIK untuk pembelajaran

A.7.3

Mampu  mengembangkan sistem pengelolaan perpustakaan

secara efektif dengan dukungan penerapan teknologi informasi

dan komunikasi

A.7.3.1

Model pemanfaatan TIK dalam sistem pengelolaan

perpustakaan berbasis komputer, intranet, atau internet

Observasi dan studi dokumen:

A.7.3.1.1

katalog digital

A.7.3.1.2

BSE

A.7.3.1.3

akses internet

A.7.3.1.4

komputer

A.7.3.1.5

dokumen aplikasi layanan perpustakaan