A. |
Usaha Pengembangan Madrasah |
||||
A.1 |
Mengembangkan madrasah sesuai dengan kebutuhan |
||||
A.1.1 |
Mampu menggembangkan struktur organisasi yang sesuai |
||||
dengan kebutuhan program |
|||||
A.1.1.1 |
Dokumen struktur madrasah |
||||
Melalui
observasi dan studi dokumen: |
|||||
A.1.1.1.1 |
Bagan/struktur organisasi |
||||
A.1.1.1.2 |
Notulen rapat yang berisi keputusan tentang |
||||
penyusunan struktur organisasi |
|||||
A.1.1.1.3 |
Dokumen sosialisasi |
||||
A.1.1.1.4 |
Daftar Hadir |
||||
A.1.2 |
Mampu menempatkan personalia yang sesuai dengan |
||||
kebutuhan |
|||||
A.1.2.1 |
Dokumen uraian tugas personalia di madrasah |
||||
Melalui
studi dokumen: |
|||||
A.1.2.1.1 |
Dokumen penetapan/pengesahan susunan |
||||
organisasi madrasah |
|||||
A.1.2.1.2 |
Rincian tugas setiap personil pada struktur |
||||
organisasi madrasah |
|||||
A.1.2.1.3 |
SOP Personalia |
||||
A.1.2.1.4 |
Sertifikat |
||||
A.1.3 |
Mampu mengembangkan pedoman dan prosedur kerja |
||||
organisasi madrasah |
|||||
A.1.3.1 |
Pedoman dan prosedur kerja organisasi madrasah |
||||
Melalui
obsevasi dokumen: |
|||||
A.1.3.1.1 |
SOP madrasah |
||||
A.2 |
Mengelola perubahan dan pengembangan madrasah menuju
organisasi |
||||
pembelajar yang efektif |
|||||
A.2.1 |
Mampu mengembangkan program baru untuk meningkatkan |
||||
pencapaian target yang lebih tinggi |
|||||
A.2.1.1 |
Program pengembangan madrasah mengandung target |
||||
pencapaian pada indikator keunggulan khas satuan |
|||||
pendidikan, kerja sama tim, dan data realisasi target |
|||||
yang meningkat daripada pencapaian sebelumnya |
|||||
Melalui
studi dokumen: |
|||||
A.2.1.1.1 |
Visi dan Misi madrasah |
||||
A.2.1.1.2 |
Data prestasi madrasah |
||||
A.2.1.1.3 |
Data hasil UN 3 tahun terahir |
||||
A.2.1.1.4 |
Data Alumni |
||||
A.2.2 |
Mampu mengembangkan program baru untuk meningkatkan |
||||
pencapaian target yang lebih tinggi |
|||||
A.2.2.1 |
Terdapat struktur organisasi yang dilengkapi dengan |
||||
distribusi dan deskripsi pembagian tugas |
|||||
Melalui
observasi dan studi dokumen: |
|||||
A.2.2.1.1 |
Bagan/struktur organisasi |
||||
A.2.2.1.2 |
SK |
||||
A.2.2.1.3 |
Tugas dan fungsi |
||||
A.2.2.1.4 |
Terbentuknya KKG/MGMP |
||||
A.2.2.1.5 |
Program KKG/MGMP |
||||
A.2.2.1.6 |
Laporan kegiatan KKG/MGMP |
||||
A.2.3 |
Mampu menerapkan berbagai teknik pembaharuan dalam |
||||
pengelolaan pembelajaran |
|||||
A.2.3.1 |
Terdapat penerapan strategi pembaharuan dengan |
||||
strategi yang terprogram |
|||||
Melalui
studi dokumen: |
|||||
A.2.3.1.1 |
KTSP |
||||
A.2.3.1.2 |
Kalender pendidikan |
||||
A.2.3.1.3 |
Perangkat pembelajaran |
||||
A.2.3.1.4 |
Penilaian |
||||
A.2.3.1.5 |
Peraturan akademik |
||||
A.2.4 |
Mampu mengembangkan potensi dan meningkatkan prestasi |
||||
madrasah |
|||||
A.2.4.1 |
Dokumen bukti perkembanganpotensi dan prestasi |
||||
peserta didik, yang meningkat dari waktu ke waktu |
|||||
Melalui
studi dokumen: |
|||||
A.2.4.1.1 |
data prestasi madrasah 1 tahun terahir |
||||
A.2.4.1.2 |
data hasil UN 1 tahun terahir |
||||
A.2.4.1.3 |
Dokumen Akreditasi |
||||
A.2.4.1.4 |
Program Ekstrakurikuler |
||||
A.3 |
Mengelola hubungan antara madrasah dan masyarakat dalam rangka
|
||||
pencarian dukungan ide, sumber belajar, dan pembiayaan |
|||||
A.3.1 |
Merencanakan kerjasama dengan lembaga pemerintah, swasta |
||||
dan masyarakat |
|||||
A.3.1.1 |
Data kerjasama dengan lembaga pemerintah, swasta, |
||||
dan masyarakat |
|||||
Melalui
studi dokumen: |
|||||
A.3.1.1.1 |
SK komite madasah |
||||
A.3.1.1.2 |
AD/ART komite madrasah |
||||
A.3.1.1.3 |
Program kerja komite madrasah |
||||
A.3.1.1.4 |
Laporan kegiatan komite madrasah |
||||
A.3.1.1.5 |
Dokumen tertulis kerja sama (MoU) |
||||
A.3.2 |
Melakukan pendekatan-pendekatan dalam rangka mendapatkan |
||||
dukungan dari lembaga pemerintah, swasta dan masyarakat |
|||||
A.3.2.1 |
Dokumen pragram kerjasama dengan pemerintah, |
||||
swasta, dan masyarakat |
|||||
Melalui
studi dokumen: |
|||||
A.3.2.1.1 |
Program kegiatan kerja sama |
||||
A.3.2.1.2 |
Foto kegiatan |
||||
A.3.2.1.3 |
Jadwal Kegiatan |
||||
A.3.2.1.4 |
SK Penanggung Jawab program |
||||
A.3.3 |
Memanfaatkan dan memelihara hubungan kerjasama dengan |
||||
lembaga pemerintah, swasta dan masyarakat |
|||||
A.3.3.1 |
Data hasil kerjasama dengan lembega pemerintah, |
||||
swasta, dan masyarakat |
|||||
Melalui
studi dokumen: |
|||||
A.3.3.1.1 |
Laporan kegiatan kerja sama |
||||
A.4 |
Mengelola proses pencapaian 8 SNP sesuai dengan arah dan
tujuan |
||||
Pendidikan nasional |
|||||
A.4.1 |
Mengaplikasikan pengembangan kurikulum yang mengacu |
||||
kepada standar isi |
|||||
A.4.1.1 |
Dokumen analisis 8 SNP dalam hal standar ini |
||||
Melalui
studi dokumen: |
|||||
A.4.1.1.1 |
KTSP |
||||
A.4.1.1.2 |
Kalender pendidikan |
||||
A.4.1.1.3 |
Perangkat pembelajaran |
||||
A.4.1.1.4 |
Penilaian |
||||
A.4.1.1.5 |
Peraturan akademik |
||||
A.4.1.1.6 |
Buku Kerja Guru |
||||
A.4.2 |
Mengaplikasikan pengembangan proses pembelajaran yang |
||||
mengacu kepada standar proses |
|||||
A.4.2.1 |
Dokumen analisis 8 SNP dalam hal standar proses |
||||
Melalui
studi dokumen: |
|||||
A.4.2.1.1 |
Dokumen pengembangan silabus |
||||
A.4.2.1.2 |
RPP |
||||
A.4.2.1.3 |
RPE |
||||
A.4.2.1.4 |
Buku teks |
||||
A.4.2.1.5 |
Jurnal mengajar guru |
||||
A.4.2.1.6 |
Data siswa |
||||
A.4.3 |
Mengaplikasikan sistem penilaian pembelajaran yang mengacu |
||||
kepada standar penilaian |
|||||
A.4.3.1 |
Dokumen analisis 8 SNP dalam hal standar penilaian |
||||
Melalui
studi dokumen: |
|||||
A.4.3.1.1 |
Instrumen penilaian |
||||
A.4.3.1.2 |
Kisi-kisi soal |
||||
A.4.3.1.3 |
Kumpulan nakah soal |
||||
A.4.3.1.4 |
Analisis butir soal |
||||
A.4.3.1.5 |
Dokumen analisis hasil belajar siswa |
||||
A.4.3.1.6 |
Laporan hasil belajar siswa |
||||
A.4.3.1.7 |
Tindak lanjut hasil penilaian |
||||
A.4.3.1.8 |
Dokumen pelaksanaan PAS |
||||
A.4.3.1.9 |
Dokumen pelaksanaan PAT |
||||
A.4.4 |
Melaksanakan penjaminan mutu pencapaian standar |
||||
kompetensi lulusan |
|||||
A.4.4.1 |
Dokumen analisis 8 SNP dalam hal standar kompetensi |
||||
lulusan |
|||||
Melalui
studi dokumen: |
|||||
A.4.4.1.1 |
Dokumen program kegiatan kesiswaan |
||||
A.4.4.1.2 |
Laporan kegiatan kesiswaan |
||||
A.4.4.1.3 |
Dokumentasi kegiatan kesiswaan |
||||
A.4.4.1.4 |
Laporan kegiatan pembiasaan siswa |
||||
A.4.4.1.5 |
Dokumen kegiatan literasi |
||||
A.4.4.1.6 |
Data rata-rata hasil ujian 2 tahun terahir |
||||
A.4.4.1.7 |
Data prestasi akademik 2 tahun terahir |
||||
A.4.4.1.8 |
Data prestasi non akademik 2 tahun terahir |
||||
A.5 |
Mengelola unit layanan khusus madrasah dalam mendukung
kegiatan |
||||
pembelajaran dan kegiatan peserta didik di madrasah |
|||||
A.5.1 |
Mampu mengelola laboratorium madrasah agar dapat |
||||
dimanfaatkan secara optimal untuk kepentingan pembelajaran |
|||||
peserta didik |
|||||
A.5.1.1 |
Adanya bukti pemanfaatan laboratorium dalam |
||||
pembelajaran, jadwal, kegiatan, dll |
|||||
Observasi
dan studi dokumen: |
|||||
A.5.1.1.1 |
luas memenuhi sesuai standar |
||||
A.5.1.1.2 |
sarana pendukung lab |
||||
A.5.1.1.3 |
jurnal laboratorium |
||||
A.5.1.1.4 |
Program Pengembangan Sarpras |
||||
A.5.2 |
Mampu mengelola perpustakaan madrasah dalam menyiiapkan |
||||
sumber belajar yang
diperlukan oleh peserta didik |
|||||
A.5.2.1 |
Adanya bukti pemanfaatan lperpustakaan dalam |
||||
pembelajaran, jadwal, kegiatan, dll |
|||||
Observasi
dan studi dokumen: |
|||||
A.5.2.1.1 |
luas memenuhi sesuai standar |
||||
A.5.2.1.2 |
sarana pendukung |
||||
A.5.2.1.3 |
daftar buku induk perpustakaan |
||||
A.5.2.1.4 |
laporan/statistic pengelolaan perpustakaan |
||||
A.5.3 |
Mampu mengelola usaha madrasah untuk pembelajaran |
||||
pesera didik dan pemasukan tambahan dana bagi madrasah |
|||||
A.5.3.1 |
Adanya bukti kegiatan usaha madrasah dalam |
||||
pembelajaran |
|||||
Melalui
studi dokumen: |
|||||
A.5.3.1.1 |
data/laporan kegiatan usaha madrasah |
||||
A.5.4 |
Mampu mengelola koperasi madrasah baik sebagai media |
||||
praktik maupun sebagai sumber belajar bagi peserta didik |
|||||
A.5.4.1 |
Adanya bukti pemanfaatan koperasi dalam |
||||
pembelajaran, jadwal, kegiatan, dll |
|||||
Observasi
dan studi dokumen: |
|||||
A.5.4.1.1 |
instrumen hasil praktek pembelajaran |
||||
A.5.4.1.2 |
foto kegiatan praktik |
||||
A.6 |
Mengelola sistem informasi madrasah dalam mendukung penyusunan
|
||||
program dan pengambilan keputusan |
|||||
A.6.1 |
Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi dalam |
||||
manajemen madrasah |
|||||
A.6.1.1 |
Adanya bukti pemanfaatan teknologi indformasi dan |
||||
komunikasi dalam manajemen madrasah |
|||||
Observasi,
studi dokumen dan wawancara: |
|||||
A.6.1.1.1 |
fasilitas teknologi dan informasi |
||||
A.6.1.1.2 |
sumber daya informasi |
||||
A.6.2 |
Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi dalam |
||||
pembelajaran, baik sebagai sumber belajar maupun sebagai |
|||||
alat/media pembelajaran |
|||||
A.6.2.1 |
Adanya bukti pemanfaatan teknologi indformasi dan |
||||
komunikasi sebagai sumber belajar dan media |
|||||
pembelajaran |
|||||
Observasi
lingkungan madrasah dan wawancara: |
|||||
A.6.2.1.1 |
ketersediaan komputer |
||||
A.6.2.1.2 |
jaringan internet |
||||
A.6.2.1.3 |
website madrasah |
||||
A.6.2.1.4 |
alamat email madrasah |
||||
A.6.2.1.5 |
pemanfaatn TIK untuk pembelajaran |
||||
A.6.3 |
Memanfaatkan teknologi teknologi informasi dan komunikasi |
||||
dalam menjalin kerjasama dengan pihak lain |
|||||
A.6.3.1 |
Adanya bukti pemanfaatan teknologi informasi dan |
||||
komunikasi dalam menjalin kerjasama dengan pihak lain |
|||||
Observasi lingkungan madrasah, wawancara dan |
|||||
studi dokumen: |
|||||
A.6.3.1.1 |
pengelolaan SIM |
||||
A.6.3.1.2 |
fasilitas SIM |
||||
A.6.3.1.3 |
surat tugas pengelola SIM |
||||
A.6.3.1.4 |
pelaporan data dan informasi |
||||
A.6.4 |
Memanfaatkan teknologi teknologi informasi dan komunikasi |
||||
dalam promosi program madrasah dan prestasi yang telah dicapai |
|||||
A.6.4.1 |
Adanya bukti pemanfaatan teknologi informasi dan |
||||
komunikasi dalam promosi program madrasah dan |
|||||
prestasi yang dicapai |
|||||
Observasi lingkungan madrasah, wawancara dan |
|||||
studi dokumen: |
|||||
A.6.4.1.1 |
pengelolaan SIM |
||||
A.6.4.1.2 |
fasilitas SIM |
||||
A.6.4.1.3 |
surat tugas pengelola SIM |
||||
A.6.4.1.4 |
pelaporan data dan informasi |
||||
A.7 |
Memanfaatkan kemajuan teknologi informasi bagi peningkatan |
||||
pembelajaran dan manajemen madrasah |
|||||
A.7.1 |
Mampu mengembangkan sistem administrasi pengelolaan |
||||
secara efektif dengan dukungan penerapan teknologi |
|||||
informasi dan komunikasi |
|||||
A.7.1.1 |
Terdapat penerapan TIK (berbasis komputer, CD, |
||||
jejaring intranet, internet) dalam pengelolaan |
|||||
administrasi persuratan, sarana prasarana, kepegawaian, |
|||||
kepeserta didikan, dan keuangan |
|||||
Observasi lingkungan madrasah dan wawancara: |
|||||
A.7.1.1.1 |
jumlah komputer dan LCD yang cukup |
||||
A.7.1.1.2 |
memiliki jaringan internet |
||||
A.7.1.1.3 |
memiliki web sekolah |
||||
A.7.1.1.4 |
memiliki e-mail madrasah |
||||
A.7.1.1.5 |
Memanfaatkan TIK untuk adminitrasi madrasah |
||||
A.7.2 |
Mengelola adminsistasi pembelajaran secara efektif dengan |
||||
dukungan penerapan teknologi informasi dan komunikasi |
|||||
A.7.2.1 |
Model penerapan TIK dalam pengelolaan adminsitrasi |
||||
kurikulum dan pembelajaran, misalnya, pengelolaan |
|||||
kurikulum berbasis komputer, intranet, dan internet |
|||||
Observasi lingkungan madrasah dan wawancara: |
|||||
A.7.2.1.1 |
jumlah kompute dan LCD yang cukup |
||||
A.7.2.1.2 |
memiliki jaringan internet |
||||
A.7.2.1.3 |
memanfaatkan TIK untuk pembelajaran |
||||
A.7.3 |
Mampu mengembangkan
sistem pengelolaan perpustakaan |
||||
secara efektif dengan dukungan penerapan teknologi informasi |
|||||
dan komunikasi |
|||||
A.7.3.1 |
Model pemanfaatan TIK dalam sistem pengelolaan |
||||
perpustakaan berbasis komputer, intranet, atau internet |
|||||
Observasi dan studi dokumen: |
|||||
A.7.3.1.1 |
katalog digital |
||||
A.7.3.1.2 |
BSE |
||||
A.7.3.1.3 |
akses internet |
||||
A.7.3.1.4 |
komputer |
||||
A.7.3.1.5 |
dokumen aplikasi layanan perpustakaan |
A. Usaha Pengembangan Madrasah
Langganan:
Postingan (Atom)