D. |
SUPERVISI KEPADA GURU DAN TENAGA KEPENDIDIKAN |
||||
D.1 |
Menyusun program supervisi akademik dalam rangka peningkatan |
||||
profesionalisme guru |
|||||
D.1.1 |
Mengidentifikasi masalah yang guru hadapi dalam pelaksanaan |
||||
pembelajaran |
|||||
D.1.1.1 |
Terdapat rumusan masalah
yang Kepala Madrasah |
||||
peroleh dari pemantauan perencanaan, pelaksanaan, |
|||||
dan penilaian pembelajaran |
|||||
Melalui
studi dokumen: |
|||||
D.1.1.1.1 |
Program pengawasan pembelajaran / |
||||
supervisi pembelajaran |
|||||
D.1.1.1.2 |
Jadwal pelaksanaan supervisi |
||||
D.1.1.1.3 |
SK tim supervisor |
||||
D.1.2 |
Mampu merumuskan tujuan yang dilengkapi dengan target |
||||
pencapaian yang terukur |
|||||
D.1.2.1 |
Terdapat rumusan tujuan supervisi yang dilengkapi |
||||
dengan target pencapaian yang terukur |
|||||
Melalui
studi dokumen: |
|||||
D.1.2.1.1 |
Program pengawasan pembelajaran / |
||||
supervisi pembelajaran |
|||||
D.1.2.1.2 |
Jadwal pelaksanaan supervisi |
||||
D.1.3 |
Mampu mengembangkan instrumen supervisi |
||||
D.1.3.1 |
Instrumen yang digunakan relevan dengan target |
||||
indikator pecapaian tujuan madrasah |
|||||
Melalui
studi dokumen: |
|||||
D.1.3.1.1 |
Instrumen supervisi pembelajaran |
||||
D.2 |
Melaksanakan supervisi akademik terhadap guru dengan
menggunakan |
||||
pendekatan dan teknik supervisi yang tepat |
|||||
D.2.1 |
Mengadakan pertemuan awal untuk menjaring data rencana |
||||
pembelajaran dan menetapkan fokus kegiatan supervisi |
|||||
D.2.1.1 |
Terdapat data hasil pertemuan awal seperti; masalah, tujuan, |
||||
fokus utama supervisi, dan instrumen yang disepakati |
|||||
Melalui
Wawancara dan studi dokumen: |
|||||
D.2.1.1.1 |
program pengawasan pembelajaran / |
||||
supervisi pembelajaran |
|||||
D.2.2 |
Melaksanakan kegiatan pemantauan pembelajaran dan membuat |
||||
catatan yang objektif dan selektif sebagai bahan pemecahan |
|||||
masalah supervisi |
|||||
D.2.2.1 |
Dokumen hasil observasi
pembelajaran, lengkap, |
||||
objektif dan selektif serta relevan dengan masalah |
|||||
yang menjadi fokus supervisi |
|||||
Melalui
Wawancara dan studi dokumen: |
|||||
D.2.2.1.1 |
instrumen supervisi pembelajaran |
||||
D.2.2.1.2 |
dokumen laporan hasil supervisi pembelajaran |
||||
D.2.3 |
Melakukan pertemuan refleksi, menganalisis catatan hasil |
||||
observasi, dan menyimpulkan hasil observasi |
|||||
D.2.3.1 |
Dokumen catatan pelaksanaan kegiatan, melaksanakan |
||||
refleksi, himpunan data hasil superivisi, analisis data, |
|||||
penafsiran, penilaian
keunggulan dan kelemahan, |
|||||
serta rekomendasi perbaikan |
|||||
Melalui
wawancara dan studi dokumen: |
|||||
D.2.3.1.1 |
analisis hasil supervisi pembelajaran |
||||
D.2.4 |
Bersama guru menyusun rekomendasi tindaklanjut perbaikan |
||||
dalam bentuk kegiatan analisis butir soal, remedial, dan
pengayaan |
|||||
D.2.4.1 |
Data tindak lanjut pelaksanaan supervisi penilaian, bukti |
||||
analisis butir soal, kegiatan remedial dan pengayaan |
|||||
Melalui
wawancara dan studi dokumen: |
|||||
D.2.4.1.1 |
dokumen hasil analisis dan tindak lanjut |
||||
supervisi pembelajaran |
|||||
D.2.4.1.2 |
program kegiatan workshop/diklat untuk guru |
||||
D.3 |
Menilai dan menindaklanjuti kegiatan supervisi akademik dalam
rangka |
||||
peningkatan profesionalisme guru |
|||||
D.3.1 |
Memfasilitasi guru dalam merencanakan tindak lanjut perbaikan |
||||
sistem penilaian hasil belajar |
|||||
D.3.1.1 |
Terdapat bukti tindak lanjut perbaikan sistem penilaian |
||||
hasil belajar |
|||||
Melalui
Wawancara dan studi dokumen: |
|||||
D.3.1.1.1 |
program pengawasan pembelajaran / |
||||
supervisi pembelajaran |
|||||
D.3.2 |
Mengecek ulang keterlaksanaan rekomendasi oleh guru |
||||
D.3.2.1 |
dokumen rekomendasi perbaikan sistem penilaian hasil |
||||
belajar secara berkala |
|||||
Melalui
Wawancara dan studi dokumen: |
|||||
D.3.2.1.1 |
instrumen supervisi pembelajaran |
||||
D.3.2.1.2 |
dokumen laporan hasil supervisi pembelajaran |
||||
D.3.3 |
Melaksanakan pembinaan dan pengembangan guru sebagai |
||||
tindak lanjut kegiatan supervisi |
|||||
D.3.3.1 |
Terdapat bukti, berupa laporan tindak lanjut hasil |
||||
supervisi sebagai dasar pelaksanaan pembinaan guru |
|||||
Melalui
Wawancara dan studi dokumen: |
|||||
D.3.3.1.1 |
analisis hasil supervisi pembelajaran |
||||
D.3.4 |
Menggunakan data hasil supervisi untuk pemetaan ketercapaian |
||||
program sebagai dasar perbaikan siklus berikutnya |
|||||
D.3.4.1 |
Hasil supervisi keterlaksanaan dan ketercapaian program |
||||
sebagai bahan penilaian kinerja dan pemetaan profil |
|||||
madrasah sebagai dasar perencanaan siklus berikutnya |
|||||
Melalui
Wawancara dan studi dokumen: |
|||||
D.3.4.1.1 |
dokumen hasil analisis dan tindak lanjut |
||||
supervisi pembelajaran |
|||||
D.3.4.1.2 |
program kegiatan workshop/diklat untuk guru |
D. Supervisi Kepada Guru dan Tenaga Kependidikan
Langganan:
Postingan (Atom)