D. Supervisi Kepada Guru dan Tenaga Kependidikan


D.

SUPERVISI KEPADA GURU DAN TENAGA KEPENDIDIKAN

D.1

Menyusun program supervisi akademik dalam rangka peningkatan

profesionalisme guru

D.1.1

Mengidentifikasi masalah yang guru hadapi dalam pelaksanaan

pembelajaran

D.1.1.1

Terdapat  rumusan masalah yang Kepala Madrasah

peroleh dari pemantauan perencanaan, pelaksanaan,

dan penilaian pembelajaran

Melalui studi dokumen:

D.1.1.1.1

Program pengawasan pembelajaran /

supervisi pembelajaran

D.1.1.1.2

Jadwal pelaksanaan supervisi

D.1.1.1.3

SK tim supervisor

D.1.2

Mampu merumuskan tujuan yang dilengkapi dengan target

pencapaian yang terukur

D.1.2.1

Terdapat rumusan tujuan supervisi yang dilengkapi

dengan target pencapaian yang terukur

Melalui studi dokumen:

D.1.2.1.1

Program pengawasan pembelajaran /

supervisi pembelajaran

D.1.2.1.2

Jadwal pelaksanaan supervisi

D.1.3

Mampu mengembangkan instrumen supervisi

D.1.3.1

Instrumen yang digunakan relevan dengan target

indikator pecapaian tujuan madrasah

Melalui studi dokumen:

D.1.3.1.1

Instrumen supervisi pembelajaran

D.2

Melaksanakan supervisi akademik terhadap guru dengan menggunakan

pendekatan dan teknik supervisi yang tepat

D.2.1

Mengadakan pertemuan awal untuk menjaring data rencana

pembelajaran dan menetapkan fokus kegiatan supervisi

D.2.1.1

Terdapat data hasil pertemuan awal seperti; masalah, tujuan,

fokus utama supervisi, dan instrumen yang disepakati

Melalui Wawancara dan studi dokumen:

D.2.1.1.1

program pengawasan pembelajaran /

supervisi pembelajaran

D.2.2

Melaksanakan kegiatan pemantauan pembelajaran dan membuat

catatan yang objektif dan selektif sebagai bahan pemecahan

masalah supervisi

D.2.2.1

Dokumen  hasil observasi pembelajaran, lengkap,

objektif dan selektif serta relevan dengan masalah

yang menjadi fokus supervisi

Melalui Wawancara dan studi dokumen:

D.2.2.1.1

instrumen supervisi pembelajaran

D.2.2.1.2

dokumen laporan hasil supervisi pembelajaran

D.2.3

Melakukan pertemuan refleksi, menganalisis catatan hasil

observasi, dan menyimpulkan hasil observasi

D.2.3.1

Dokumen catatan pelaksanaan kegiatan, melaksanakan

refleksi, himpunan data hasil superivisi, analisis data,

penafsiran, penilaian  keunggulan dan kelemahan,

serta rekomendasi perbaikan

Melalui wawancara dan studi dokumen:

D.2.3.1.1

analisis hasil supervisi pembelajaran

D.2.4

Bersama guru menyusun rekomendasi tindaklanjut perbaikan

dalam bentuk kegiatan analisis butir soal, remedial, dan pengayaan

D.2.4.1

Data tindak lanjut pelaksanaan supervisi penilaian, bukti

analisis butir soal, kegiatan remedial dan pengayaan

Melalui wawancara dan studi dokumen:

D.2.4.1.1

dokumen hasil analisis dan tindak lanjut

supervisi pembelajaran

D.2.4.1.2

program kegiatan workshop/diklat untuk guru

D.3

Menilai dan menindaklanjuti kegiatan supervisi akademik dalam rangka

peningkatan profesionalisme guru

D.3.1

Memfasilitasi guru dalam merencanakan tindak lanjut perbaikan

sistem penilaian hasil belajar

D.3.1.1

Terdapat bukti tindak lanjut perbaikan sistem penilaian

hasil belajar

Melalui Wawancara dan studi dokumen:

D.3.1.1.1

program pengawasan pembelajaran /

supervisi pembelajaran

D.3.2

Mengecek ulang keterlaksanaan rekomendasi oleh guru

D.3.2.1

dokumen rekomendasi perbaikan sistem penilaian hasil

belajar secara berkala

Melalui Wawancara dan studi dokumen:

D.3.2.1.1

instrumen supervisi pembelajaran

D.3.2.1.2

dokumen laporan hasil supervisi pembelajaran

D.3.3

Melaksanakan pembinaan dan pengembangan guru sebagai

tindak lanjut kegiatan supervisi

D.3.3.1

Terdapat bukti, berupa laporan tindak lanjut hasil

supervisi sebagai dasar pelaksanaan pembinaan guru

Melalui Wawancara dan studi dokumen:

D.3.3.1.1

analisis hasil supervisi pembelajaran

D.3.4

Menggunakan data hasil supervisi untuk pemetaan ketercapaian

program sebagai dasar perbaikan siklus berikutnya

D.3.4.1

Hasil supervisi keterlaksanaan dan ketercapaian program

sebagai bahan penilaian kinerja dan pemetaan profil

madrasah sebagai dasar perencanaan siklus berikutnya

Melalui Wawancara dan studi dokumen:

D.3.4.1.1

dokumen hasil analisis dan tindak lanjut

supervisi pembelajaran

D.3.4.1.2

program kegiatan workshop/diklat untuk guru