B. PELAKSANAAN TUGAS MANAJERIAL


B.

PELAKSANAAN TUGAS MANAJERIAL

B.1

Menyusun perencanaan madrasah untuk berbagai tingkatan perencanaan

B.1.1

Mampu mengembangkan RKJM, RKT/RKAM dengan program

lainnya berdasarkan data hasil evaluasi dalam pemenuhan 8 SNP

B.1.1.1

Dokumen RKJM, RKT/RKAM yang  meliputi SNP

Melalui studi dokumen:

B.1.1.1.1

Dokumen Evaluasi Diri Madrasah (EDM)

B.1.1.1.2

Dokumen RKJM dan RKT berbasis EDM

B.1.2

Mampu merumuskan visi-misi sebagai arah pengembangan

program RKJM, RKT/RKAS dan program lainnya

B.1.2.1

Visi-misi madrasah merupakan rumusan hasil keputusan

bersama

Melalui studi dokumen:

B.1.2.1.1

Visi, misi yang telah ditetapkan oleh Kamad

B.1.2.1.2

Berita acara dan daftar hadir kegiatan

perumusan/ peninjauan kembali dan

penetapan visi dan misi

B.1.3

Mampu menentukan strategi pencapaian tujuan madrasah,

dilengkapi dengan indikator pencapaian yang terukur

B.1.3.1

Dokumen program yang memuat strategi pencapaian

tujuan madrasah

Melalui studi dokumen:

B.1.3.1.1

program kerja

B.1.3.1.2

RKJM dan RKTM

B.1.4

Mampu menyusun program dengan rencana evaluasi

keterlaksanaan dan pencapaian program

B.1.4.1

Dokumen rencana evaluasi keterlaksanaan dan

pencapaian program

Melalui studi dokumen:

B.1.4.1.1

RKJM dan RKTM

B.2

Memimpin madrasah dalam rangka pendayagunaan sumber daya

madrasah secara optimal

B.2.1

Mampu memberi contoh berdisiplin; hadir tepat waktu, disiplin

menggunakan waktu, dan tepat waktu mengakhiri pekerjaan

B.2.1.1

Dokumen daftar hadir semua kegiatan madrasah

Observasi, wawancara dan studi dokumen:

B.2.1.1.1

finggerprint kehadiran kamad

B.2.1.1.2

daftar hadir pada kegiatan di madrasah

B.2.2

Mampu melaksanakan peraturan sesuai dengan ketentuan

yang berlaku

B.2.2.1

Menjadi contoh dan mengarahkan guru, staf administrasi,

dan peserta didik melaksanakan kegiatan sesuai

dengan peraturan

Wawancara dengan warga madrasah:

B.2.2.1.1

Wawancara dengan warga madrasah

B.2.3

Mampu menunjukkan keteladanan dalam memanfaatkan

sumber daya secara efektif dan efisien

B.2.3.1

Memecahkan masalah madrasah secara bersama-sama,

merencankan pemanfaatan sumber belajar dan sumber

informasi, memantau penggunaan sumber daya, dan

menilai pemanfaatan sumber daya

Wawancara dengan warga madrasah:

B.2.3.1.1

Wawancara dengan warga madrasah

B.2.4

Mampu  menunjukkan kedisiplinan sebagai insan pembelajar

B.2.4.1

Rajin membaca dan pendengar yang baik,

mengekspresikan pikiran secara tertulis,

mengkomunikasikan ilmu pengetahuan baru, dan

menyediakan berbagai media untuk mengembangkan

gagasan warga madrasah

Wawancara, observasi:

B.2.4.1.1

koleksi buku refrefensi/ ilmu pengetahuan

B.2.4.1.2

karya tulis yang diterbitkan atau tidak

B.3

Menciptakan budaya dan iklim madrasah yang kondusif dan inovatif

bagi pembelajaran peserta didik

B.3.1

Mampu menjadi contoh  dan berbudaya mutu yang kompetitif

dalam mendorong peningkatan prestasi akademik dan

non akademik peserta didik

B.3.1.1

Dokumen peningkatan KKM, target hasil ulangan,

hasil UN dan target keunggulan nonakademik peserta

didik yang terprogram, terlaksana, dan meningkat hasilnya

Wawancara dan studi dokumen:

B.3.1.1.1

peningkatan KKM

B.3.1.1.2

hasil UN

B.3.1.1.3

program keunggulan dan inovasi baik

akademik maupun non akademik

B.3.1.1.4

data prestasi akademik dan non akademik

B.3.2

Mampu melengkapi sarana dan prasarana untuk menciptakan

suasana belajar kondusif dan inovatif bagi peserta didik

B.3.2.1

Suasana lingkungan madrasah yang asri, bersih, rindang,

aman, dan menyenangkan peserta didik

Observasi lingkungan madrasah:

B.3.2.1.1

suasana lingkungan yang asri, bersih, rindang,

aman, dan menyenangkan peserta didik

B.3.3

Mampu memfasilitasi kegiatan-kegiatan untuk meningkatkan

budaya baca dan budaya tulis peserta didik

B.3.3.1

Data kunjungan perpustakaan, peminjaman buku oleh

peserta didik, pembaharuan buku dan bahan bacaan,

ketersediaan sumber belajar berbasis TIK, dan sarana

publikasi karya tulis, dan mengembangkan kompetisi

karya tulis peserta didik tingkat madrasah

Observasi, wawancara dan studi dokumen:

B.3.3.1.1

Rencana dan laporan pelaksanaan kegiatan

literasi

B.3.3.1.2

dokumen kegiatan pengembangan budaya baca

B.3.3.1.3

dokumen/ pajangan hasil karya tulis siswa

B.3.4

Mampu memfasilitasi kegiatan-kegiatan lomba di bidang

akademik dan nonakademik bagi peserta didik

B.3.4.1

Dokumen penyelenggaran kegiatan kompetisi yang

dimulai dari tingkat madrasah, perolehan piagam

penghargaan, piala, trofi perlombaan bidang akademik

dan nonakademik

Observasi dan studi dokumen:

B.3.4.1.1

Dokumen penyelenggaran kegiatan kompetisi

yang dimulai dari tingkat madrasah

B.3.4.1.2

Daftar perolehan piagam, penghargaan, piala,

trofi perlombaan disemua jenjang

B.4

Mengelola guru dan staf dalam rangka pendayagunaan sumber daya

manusia secara optimal

B.4.1

Mampu menyusun perencanaan pengembangan pendidik dan

tenaga kependidikan

B.4.1.1

Dokumen program pembinaan pendidik dan tenaga

kependidikan di madrasah

Studi dokumen dan wawancara:

B.4.1.1.1

 program kerja kepala madrasah

B.4.2

Mampu melakukan pembinaan berkala untuk meningkatkan

mutu SDM madrasah

B.4.2.1

Dokumen pelaksanaan kegiatan pembinaan guru

Studi dokumen dan wawancara:

B.4.2.1.1

buku/catatan pembinaan guru dan tendik

(notulen dan daftar hadir rapat pembinaan)

B.4.2.1.2

laporan kinerja kepala madrasah

B.4.3

Memfasilitasi guru dan staf administrasi untuk meningkatkan

kegiatan pembinaan kompetensi

B.4.3.1

Ada dukungan Kepala Madrasah dalam memfasilitasi

staf administrasi untuk meningkatkan mutu profesi

Studi dokumen dan wawancara:

B.4.3.1.1

buku/catatan pembinaan guru dan tendik

(notulen dan daftar hadir rapat pembinaan)

B.4.3.1.2

laporan kinerja kepala madrasah

B.4.4

Memantau dan menilai penerapan hasil pelatihan dalam

pekerjaan di madrasah

B.4.4.1

Dokumen program evaluasi pelatihan atau pengembangan

profesi pendidik dan tenaga kependidikan

Observasi dan studi dokumen:

B.4.4.1.1

program pelatihan pengembangan profesi

guru dan tendik

B.4.4.1.2

laporan pelaksanaan pelatihan pengembangan

profesi guru dan tendik

B.5

Mengelola sarana dan prasarana madrasah dalam rangka

pendayagunaan secara optimal

B.5.1

Mampu mengelola fasilitas prasarana, perabot dan sarana

madrasah (gedung, bangunan, dan lahan meja, kursi, lemari,

peralatan kantor, dan alat kebersihan)

B.5.1.1

Data fasilitas prasarana, perabot, dan sarana marasah

dikelola dengan baik

Observasi dan studi dokumen:

B.5.1.1.1

buku inventaris

B.5.1.1.2

buku pemeliharaan sarana dan prasarana

B.5.2

Mampu mengelola perpustakaan madrasah

B.5.2.1

Data perpustakaan dikelola dengan baik

Observasi fisik dan studi dokumen:

B.5.2.1.1

buku induk perpustakaan

B.5.2.1.2

buku/data/grafik layanan perpustakaan

B.5.3

Mampu mengelola laboratirium madrasah

B.5.3.1

Data laboratorium dikelola dengan baik

Observasi fisik dan studi dokumen:

B.5.3.1.1

daftar infentaris laboratorium

B.5.3.1.2

buku/jurnal/ data/grafik layanan baboratorium

B.5.4

Mampu mengelola fasilitas penunjang madrasah lainnya

(bengkel, toko, koperasi, kebun, dsb)

B.5.4.1

Data fasilitas penunjang terkola dengan baik

Observasi fisik,wawancara dan studi dokumen:

B.5.4.1.1

Data fasilitas penunjang wirausaha yang

dikelola oleh madrasah

B.6

Mengelola peserta didik dalam rangka penerimaan peserta didik baru,

dan penempatan dan pengembangan kapasitas peserta didik

B.6.1

Menyusun perencanaan penerimaan, pengelolaan dan

pengembangan kompetensi peserta didik

B.6.1.1

Dokumen program penerimaan peserta didik baru,

kriteria penerimaan peserta didik, data hasil analisis

bekal ajar peserta didik awal

Studi dokumen:

B.6.1.1.1

dokumen program penerimaan peserta didik baru

B.6.1.1.2

brosur

B.6.1.1.3

data hasil analisis kemampuan peserta didik baru

B.6.2

Memiliki program pengembangan potensi diri dan prestasi

peserta didik

B.6.2.1

Dokumen program pengembangan potensi diri dan

prestasi peserta didik

Observasi dan studi dokumen:

B.6.2.1.1

program pengembangan diri peserta didik

B.6.3

Memfasilitasi kegiatan-kegiatan untuk meningkatkan

pembiasaan melalui penanaman nilai-nilai

B.6.3.1

Data program kegiatan akademik dan nonakademik

melalui penanaman nilai - nilai

Observasi lingkungan aktivitas siswa, wawancara dan

studi dokumen:

B.6.3.1.1

program kegiatan akademik dan non

akademik dan laporan pelaksanaannya

B.6.3.1.2

dokumentasi kegiatan

B.6.3.1.3

 

B.6.4

Memfasilitasi kegiatan pengembangan diri bagi peserta didik,

pendidik, dan tenaga kependidikan lainnya secara optimal

B.6.4.1

Data keterlaksanaan program pengembangan diri

peserta didik, pendidik, dan tenaga kependidikan

Observasi lingkungan aktivitas siswa dan guru,

wawancara dan studi dokumen:

B.6.4.1.1

program kegiatan pengembangan diri

B.6.4.1.2

dokumentasi kegiatan

B.6.4.1.3

data prestasi siswa, guru dan tendik

B.7

Mengelola pengembangan kurikulum dan kegiatan pembelajaran sesuai

dengan arah dan tujuan pendidikan nasional

B.7.1

Mampu mengarahkan secara efektif dalam menerapkan prinsip-

prinsip pengengembangan KTSP dalam kegiatan IHT, Workshop, R

apat Koordinasi, dan kegiatan MGMP/KKG

B.7.1.1

Dokumen hasil pengembangan kurikulum yang disusun

melalui rapat kerja, IHT, Workshop, Rakor, atau kegiatan

MGMP/KKG

Studi dokumen:

B.7.1.1.1

Dokumen kurikulum yang berlaku

B.7.1.1.2

SK tim pengembang kurikulum

B.7.1.1.3

Dokumen penyusunan dokumen kurikulum

(daftar hadir, berita acara, notulen)

B.7.2

Mampu mengendalikan pelaksanaan KTSP berlandaskan kalender

pendidikan, menerbitkan surat keputusan pembagian tugas

mengajar, dan menerapkan aturan akademik

B.7.2.1

Pelaksanaan kurikulum sesuai dengan kalender

pendidikan tingkat madrasah, surat keputusan

pembagian tugas mengajar, dan aturan akademik

Studi dokumen:

B.7.2.1.1

Struktur kurikulum

B.7.2.1.2

Jadwal pelajaran

B.7.2.1.3

Daftar hadir guru

B.7.2.1.4

Peraturan akademik

B.7.3

Memfasilitasi efektivitas tim kerja guru dalam rangka

meningkatkan mutu pembelajaran

B.7.3.1

Bukti pelaksanaan kerja sama guru pada tingkat satuan

pendidikan, antar satuan pendidikan dalam

meningkatkan mutu perencanaan, proses, pembelajaran

Studi dokumen:

B.7.3.1.1

Program KKG/MGMP di madrasah

B.7.3.1.2

Laporan pelaksanaan KKG/MGMP

B.7.4

Mampu mengembangkan pelayanan belajar yang inovatif melalui

pengembangan perangkat dan sumber belajar yang terbarukan

B.7.4.1

Bukti penggunaan metode hasil pelatihan paling akhir,

memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi,

penggunaan alat peraga, teknik evaluasi baru yang

menghasilkan produk belajar peserta didik yang

dipublikasikan di lingkungan madrasah atau media lain

Observasi kelas, studi dokumen wawancara dengan

siswa dan guru:

B.7.4.1.1

Menelaah ragam metode, media dan sumber

belajar yang digunakan dalam RPP

B.7.5

Memfasilitasi peserta didik dalam mengembangkan kolaborasi

dan kompetisi bidang akademik dan nonakademik

B.7.5.1

Data kegiatan kolaborasi dan kompetisi peserta didik

tingkat madrasah, baik akademik dan non akademik

Wawancara dan studi dokumen:

B.7.5.1.1

Program, laporan dan dokumen kegiatan

kesiswaan (kegiatan akademik maupun

non akademik)

B.7.5.1.2

Data prestasi akademik maupun nonakademik

B.8

Mengelola keuangan madrasah sesuai dengan prinsip pengelolaan

yang akuntabel, transparan, dan efisien

B.8.1

Mampu merencanakan kebutuhan keuangan madrasah sesuai

dengan rencana pengembangan madrasah, baik jangka pendek

maupun jangka panjang

B.8.1.1

Dokumen RKJM dan RKTM

Studi dokumen:

B.8.1.1.1

RKJM dan RKTM

B.8.1.1.2

Laporan keuangan

B.8.1.1.3

Buku kas

B.8.2

Mampu mengupayaan sumber-sumber keuangan terutama

dari luar madrasah dan dari unit usaha madrasah

B.8.2.1

Dokumen RKJM dan RKTM

Studi dokumen:

B.8.2.1.1

RKJM dan RKTM

B.8.3

Mampu mengkoordinasikan pembelajaran keuangan sesuai

dengan peraturan dan perundang-undangan berdasarkan asas

prioritas dan efisiensi

B.8.3.1

Dokumen RKJM dan RKTM

Studi dokumen:

B.8.3.1.1

RKJM dan RKTM

B.8.4

Mampu membuat laporan dan evaluasi pengelolaan keuangan

madrasah sesuai dengan prinsip efisien, tranparan, dan akuntabel

B.8.4.1

Dokumen RKJM dan RKTM

Studi dokumen:

B.8.4.1.1

RKJM dan RKTM

B.8.4.1.2

Laporan keuangan

B.8.4.1.3

Buku kas

B.9

Mengelola ketatausahaan madrasah dalam mendukung pencapaian

tujuan madrasah

B.9.1

Mampu mengelola administrasi surat masuk dan surat keluar

sesuai dengan pedoman persuratan yang berlaku

B.9.1.1

Adanya bukti dokumen surat masuk dan keluar

Studi dokumen:

B.9.1.1.1

Surat masuk dan keluar

B.9.2

Mampu mengelola administrasi madrasah yang meliputi

administrasi akademik, kesiswaan, sarana/prasarana, keuangan,

dan hubungan madrasah dengan masyarakat

B.9.2.1

Adanya bukti dokumen administrasi madrasah

Studi dokumen:

B.9.2.1.1

Administrasi madrasah (akademik, kesiswaan,

sarana/prasaran, keuangan, dan hubungan

madrasah dengan masyarakat)

B.9.3

Mampu mengelola administrasi kearsipan madrasah baik arsip

dinamis maupun arsip lainnya

B.9.3.1

Adanya bukti dokumen administrasi madrasah

Studi dokumen:

B.9.3.1.1

Administrasi madrasah

B.9.4

Mampu mengelola administrasi akreditasi madrasah sesuai

dengan prinsip-prinsip tersedianya dokumen pendukung dan

bukti fisik

B.9.4.1

Adanya bukti dokumen administrasi madrasah

Studi dokumen:

B.9.4.1.1

Administrasi pemenuhan 8 SNP madrasah

B.10

Melakukan monitoring, evaluasi, dan pelaporan pelaksanaan program

kegiatan madrasah dengan prosedur yang tepat, serta merencanakan

tindak lanjutnya

B.10.1

Menyusun standar kinerja program pendidikan yang dapat

diukur dan dinilai

B.10.1.1

Dokumen SKP yang terukur

Studi dokumen:

B.10.1.1.1

SKP yang terukur

B.10.2

Melakukan monitoring dan evaluasi kinerja program pendidikan

dengan menggunakan teknik yang sesuai

B.10.2.1

Dokumen pelaksanaan monitoring dan evaluasi  yang

sesuai

Studi dokumen:

B.10.2.1.1

Pelaksanaan monitoring dan evaluasi  yang

sesuai

B.10.3

Menyusun laporan sesuai dengan standar pelaporan monitoring

dan evaluasi

B.10.3.1

Dokumen laporan pelaksanaan monitoring dan evaluasi

Studi dokumen:

B.10.3.1.1

Laporan pelaksanaan monitoring dan evaluasi

B.10.4

Merumuskan program tindak lanjut berdasarkan hasil evaluasi

pelaksanaan program sebelumnya

B.10.4.1

Dokumen program tindak lanjut berdasarkan hasil 

monitring dan evaluasi

Studi dokumen:

B.10.4.1.1

Program tindak lanjut berdasarkan hasil 

monitring dan evaluasi