B. |
PELAKSANAAN TUGAS MANAJERIAL |
||||
B.1 |
Menyusun perencanaan madrasah untuk berbagai tingkatan
perencanaan |
||||
B.1.1 |
Mampu mengembangkan RKJM, RKT/RKAM dengan program |
||||
lainnya berdasarkan data hasil evaluasi dalam pemenuhan 8 SNP |
|||||
B.1.1.1 |
Dokumen RKJM, RKT/RKAM yang
meliputi SNP |
||||
Melalui
studi dokumen: |
|||||
B.1.1.1.1 |
Dokumen Evaluasi Diri Madrasah (EDM) |
||||
B.1.1.1.2 |
Dokumen RKJM dan RKT berbasis EDM |
||||
B.1.2 |
Mampu merumuskan visi-misi sebagai arah pengembangan |
||||
program RKJM, RKT/RKAS dan program lainnya |
|||||
B.1.2.1 |
Visi-misi madrasah merupakan rumusan hasil keputusan |
||||
bersama |
|||||
Melalui
studi dokumen: |
|||||
B.1.2.1.1 |
Visi, misi yang telah ditetapkan oleh Kamad |
||||
B.1.2.1.2 |
Berita acara dan daftar hadir kegiatan |
||||
perumusan/ peninjauan kembali dan |
|||||
penetapan visi dan misi |
|||||
B.1.3 |
Mampu menentukan strategi pencapaian tujuan madrasah, |
||||
dilengkapi dengan indikator pencapaian yang terukur |
|||||
B.1.3.1 |
Dokumen program yang memuat strategi pencapaian |
||||
tujuan madrasah |
|||||
Melalui
studi dokumen: |
|||||
B.1.3.1.1 |
program kerja |
||||
B.1.3.1.2 |
RKJM dan RKTM |
||||
B.1.4 |
Mampu menyusun program dengan rencana evaluasi |
||||
keterlaksanaan dan pencapaian program |
|||||
B.1.4.1 |
Dokumen rencana evaluasi keterlaksanaan dan |
||||
pencapaian program |
|||||
Melalui
studi dokumen: |
|||||
B.1.4.1.1 |
RKJM dan RKTM |
||||
B.2 |
Memimpin madrasah dalam rangka pendayagunaan sumber daya |
||||
madrasah secara optimal |
|||||
B.2.1 |
Mampu memberi contoh berdisiplin; hadir tepat waktu, disiplin |
||||
menggunakan waktu, dan tepat waktu mengakhiri pekerjaan |
|||||
B.2.1.1 |
Dokumen daftar hadir semua kegiatan madrasah |
||||
Observasi,
wawancara dan studi dokumen: |
|||||
B.2.1.1.1 |
finggerprint kehadiran kamad |
||||
B.2.1.1.2 |
daftar hadir pada kegiatan di madrasah |
||||
B.2.2 |
Mampu melaksanakan peraturan sesuai dengan ketentuan |
||||
yang berlaku |
|||||
B.2.2.1 |
Menjadi contoh dan mengarahkan guru, staf administrasi, |
||||
dan peserta didik melaksanakan kegiatan sesuai |
|||||
dengan peraturan |
|||||
Wawancara
dengan warga madrasah: |
|||||
B.2.2.1.1 |
Wawancara dengan warga madrasah |
||||
B.2.3 |
Mampu menunjukkan keteladanan dalam memanfaatkan |
||||
sumber daya secara efektif dan efisien |
|||||
B.2.3.1 |
Memecahkan masalah madrasah secara bersama-sama, |
||||
merencankan pemanfaatan sumber belajar dan sumber |
|||||
informasi, memantau penggunaan sumber daya, dan |
|||||
menilai pemanfaatan sumber daya |
|||||
Wawancara
dengan warga madrasah: |
|||||
B.2.3.1.1 |
Wawancara dengan warga madrasah |
||||
B.2.4 |
Mampu menunjukkan
kedisiplinan sebagai insan pembelajar |
||||
B.2.4.1 |
Rajin membaca dan pendengar yang baik, |
||||
mengekspresikan pikiran secara tertulis, |
|||||
mengkomunikasikan ilmu pengetahuan baru, dan |
|||||
menyediakan berbagai media untuk mengembangkan |
|||||
gagasan warga madrasah |
|||||
Wawancara,
observasi: |
|||||
B.2.4.1.1 |
koleksi buku refrefensi/ ilmu pengetahuan |
||||
B.2.4.1.2 |
karya tulis yang diterbitkan atau tidak |
||||
B.3 |
Menciptakan budaya dan iklim madrasah yang kondusif dan
inovatif |
||||
bagi pembelajaran peserta didik |
|||||
B.3.1 |
Mampu menjadi contoh
dan berbudaya mutu yang kompetitif |
||||
dalam mendorong peningkatan prestasi akademik dan |
|||||
non akademik peserta didik |
|||||
B.3.1.1 |
Dokumen peningkatan KKM, target hasil ulangan, |
||||
hasil UN dan target keunggulan nonakademik peserta |
|||||
didik yang terprogram, terlaksana, dan meningkat hasilnya |
|||||
Wawancara
dan studi dokumen: |
|||||
B.3.1.1.1 |
peningkatan KKM |
||||
B.3.1.1.2 |
hasil UN |
||||
B.3.1.1.3 |
program keunggulan dan inovasi baik |
||||
akademik maupun non akademik |
|||||
B.3.1.1.4 |
data prestasi akademik dan non akademik |
||||
B.3.2 |
Mampu melengkapi sarana dan prasarana untuk menciptakan |
||||
suasana belajar kondusif dan inovatif bagi peserta didik |
|||||
B.3.2.1 |
Suasana lingkungan madrasah yang asri, bersih, rindang, |
||||
aman, dan menyenangkan peserta didik |
|||||
Observasi
lingkungan madrasah: |
|||||
B.3.2.1.1 |
suasana lingkungan yang asri, bersih, rindang, |
||||
aman, dan menyenangkan peserta didik |
|||||
B.3.3 |
Mampu memfasilitasi kegiatan-kegiatan untuk meningkatkan |
||||
budaya baca dan budaya tulis peserta didik |
|||||
B.3.3.1 |
Data kunjungan perpustakaan, peminjaman buku oleh |
||||
peserta didik, pembaharuan buku dan bahan bacaan, |
|||||
ketersediaan sumber belajar berbasis TIK, dan sarana |
|||||
publikasi karya tulis, dan mengembangkan kompetisi |
|||||
karya tulis peserta didik tingkat madrasah |
|||||
Observasi,
wawancara dan studi dokumen: |
|||||
B.3.3.1.1 |
Rencana dan laporan pelaksanaan kegiatan |
||||
literasi |
|||||
B.3.3.1.2 |
dokumen kegiatan pengembangan budaya baca |
||||
B.3.3.1.3 |
dokumen/ pajangan hasil karya tulis siswa |
||||
B.3.4 |
Mampu memfasilitasi kegiatan-kegiatan lomba di bidang |
||||
akademik dan nonakademik bagi peserta didik |
|||||
B.3.4.1 |
Dokumen penyelenggaran kegiatan kompetisi yang |
||||
dimulai dari tingkat madrasah, perolehan piagam |
|||||
penghargaan, piala, trofi perlombaan bidang akademik |
|||||
dan nonakademik |
|||||
Observasi
dan studi dokumen: |
|||||
B.3.4.1.1 |
Dokumen penyelenggaran kegiatan kompetisi |
||||
yang dimulai dari tingkat madrasah |
|||||
B.3.4.1.2 |
Daftar perolehan piagam, penghargaan, piala, |
||||
trofi perlombaan disemua jenjang |
|||||
B.4 |
Mengelola guru dan staf dalam rangka pendayagunaan sumber daya
|
||||
manusia secara optimal |
|||||
B.4.1 |
Mampu menyusun perencanaan pengembangan pendidik dan |
||||
tenaga kependidikan |
|||||
B.4.1.1 |
Dokumen program pembinaan pendidik dan tenaga |
||||
kependidikan di madrasah |
|||||
Studi
dokumen dan wawancara: |
|||||
B.4.1.1.1 |
program kerja kepala
madrasah |
||||
B.4.2 |
Mampu melakukan pembinaan berkala untuk meningkatkan |
||||
mutu SDM madrasah |
|||||
B.4.2.1 |
Dokumen pelaksanaan kegiatan pembinaan guru |
||||
Studi
dokumen dan wawancara: |
|||||
B.4.2.1.1 |
buku/catatan pembinaan guru dan tendik |
||||
(notulen dan daftar hadir rapat pembinaan) |
|||||
B.4.2.1.2 |
laporan kinerja kepala madrasah |
||||
B.4.3 |
Memfasilitasi guru dan staf administrasi untuk meningkatkan |
||||
kegiatan pembinaan kompetensi |
|||||
B.4.3.1 |
Ada dukungan Kepala Madrasah dalam memfasilitasi |
||||
staf administrasi untuk meningkatkan mutu profesi |
|||||
Studi
dokumen dan wawancara: |
|||||
B.4.3.1.1 |
buku/catatan pembinaan guru dan tendik |
||||
(notulen dan daftar hadir rapat pembinaan) |
|||||
B.4.3.1.2 |
laporan kinerja kepala madrasah |
||||
B.4.4 |
Memantau dan menilai penerapan hasil pelatihan dalam |
||||
pekerjaan di madrasah |
|||||
B.4.4.1 |
Dokumen program evaluasi pelatihan atau pengembangan |
||||
profesi pendidik dan tenaga kependidikan |
|||||
Observasi
dan studi dokumen: |
|||||
B.4.4.1.1 |
program pelatihan pengembangan profesi |
||||
guru dan tendik |
|||||
B.4.4.1.2 |
laporan pelaksanaan pelatihan pengembangan |
||||
profesi guru dan tendik |
|||||
B.5 |
Mengelola sarana dan prasarana madrasah dalam rangka |
||||
pendayagunaan secara optimal |
|||||
B.5.1 |
Mampu mengelola fasilitas prasarana, perabot dan sarana |
||||
madrasah (gedung, bangunan, dan lahan meja, kursi, lemari, |
|||||
peralatan kantor, dan alat kebersihan) |
|||||
B.5.1.1 |
Data fasilitas prasarana, perabot, dan sarana marasah |
||||
dikelola dengan baik |
|||||
Observasi
dan studi dokumen: |
|||||
B.5.1.1.1 |
buku inventaris |
||||
B.5.1.1.2 |
buku pemeliharaan sarana dan prasarana |
||||
B.5.2 |
Mampu mengelola perpustakaan madrasah |
||||
B.5.2.1 |
Data perpustakaan dikelola dengan baik |
||||
Observasi
fisik dan studi dokumen: |
|||||
B.5.2.1.1 |
buku induk perpustakaan |
||||
B.5.2.1.2 |
buku/data/grafik layanan perpustakaan |
||||
B.5.3 |
Mampu mengelola laboratirium madrasah |
||||
B.5.3.1 |
Data laboratorium dikelola dengan baik |
||||
Observasi
fisik dan studi dokumen: |
|||||
B.5.3.1.1 |
daftar infentaris laboratorium |
||||
B.5.3.1.2 |
buku/jurnal/ data/grafik layanan baboratorium |
||||
B.5.4 |
Mampu mengelola fasilitas penunjang madrasah lainnya |
||||
(bengkel, toko, koperasi, kebun, dsb) |
|||||
B.5.4.1 |
Data fasilitas penunjang terkola dengan baik |
||||
Observasi
fisik,wawancara dan studi dokumen: |
|||||
B.5.4.1.1 |
Data fasilitas penunjang wirausaha yang |
||||
dikelola oleh madrasah |
|||||
B.6 |
Mengelola peserta didik dalam rangka penerimaan peserta didik
baru, |
||||
dan penempatan dan pengembangan kapasitas peserta didik |
|||||
B.6.1 |
Menyusun perencanaan penerimaan, pengelolaan dan |
||||
pengembangan kompetensi peserta didik |
|||||
B.6.1.1 |
Dokumen program penerimaan peserta didik baru, |
||||
kriteria penerimaan peserta didik, data hasil analisis |
|||||
bekal ajar peserta didik awal |
|||||
Studi
dokumen: |
|||||
B.6.1.1.1 |
dokumen program penerimaan peserta didik baru |
||||
B.6.1.1.2 |
brosur |
||||
B.6.1.1.3 |
data hasil analisis kemampuan peserta didik baru |
||||
B.6.2 |
Memiliki program pengembangan potensi diri dan prestasi |
||||
peserta didik |
|||||
B.6.2.1 |
Dokumen program pengembangan potensi diri dan |
||||
prestasi peserta didik |
|||||
Observasi
dan studi dokumen: |
|||||
B.6.2.1.1 |
program pengembangan diri peserta didik |
||||
B.6.3 |
Memfasilitasi kegiatan-kegiatan untuk meningkatkan |
||||
pembiasaan melalui penanaman nilai-nilai |
|||||
B.6.3.1 |
Data program kegiatan akademik dan nonakademik |
||||
melalui penanaman nilai - nilai |
|||||
Observasi
lingkungan aktivitas siswa, wawancara dan |
|||||
studi
dokumen: |
|||||
B.6.3.1.1 |
program kegiatan akademik dan non |
||||
akademik dan laporan pelaksanaannya |
|||||
B.6.3.1.2 |
dokumentasi kegiatan |
||||
B.6.3.1.3 |
|
||||
B.6.4 |
Memfasilitasi kegiatan pengembangan diri bagi peserta didik, |
||||
pendidik, dan tenaga kependidikan lainnya secara optimal |
|||||
B.6.4.1 |
Data keterlaksanaan program pengembangan diri |
||||
peserta didik, pendidik, dan tenaga kependidikan |
|||||
Observasi
lingkungan aktivitas siswa dan guru, |
|||||
wawancara
dan studi dokumen: |
|||||
B.6.4.1.1 |
program kegiatan pengembangan diri |
||||
B.6.4.1.2 |
dokumentasi kegiatan |
||||
B.6.4.1.3 |
data prestasi siswa, guru dan tendik |
||||
B.7 |
Mengelola pengembangan kurikulum dan kegiatan pembelajaran
sesuai |
||||
dengan arah dan tujuan pendidikan nasional |
|||||
B.7.1 |
Mampu mengarahkan secara efektif dalam menerapkan prinsip- |
||||
prinsip pengengembangan KTSP dalam kegiatan IHT, Workshop, R |
|||||
apat Koordinasi, dan kegiatan MGMP/KKG |
|||||
B.7.1.1 |
Dokumen hasil pengembangan kurikulum yang disusun |
||||
melalui rapat kerja, IHT, Workshop, Rakor, atau kegiatan |
|||||
MGMP/KKG |
|||||
Studi
dokumen: |
|||||
B.7.1.1.1 |
Dokumen kurikulum yang berlaku |
||||
B.7.1.1.2 |
SK tim pengembang kurikulum |
||||
B.7.1.1.3 |
Dokumen penyusunan dokumen kurikulum |
||||
(daftar hadir, berita acara, notulen) |
|||||
B.7.2 |
Mampu mengendalikan pelaksanaan KTSP berlandaskan kalender |
||||
pendidikan, menerbitkan surat keputusan pembagian tugas |
|||||
mengajar, dan menerapkan aturan akademik |
|||||
B.7.2.1 |
Pelaksanaan kurikulum sesuai dengan kalender |
||||
pendidikan tingkat madrasah, surat keputusan |
|||||
pembagian tugas mengajar, dan aturan akademik |
|||||
Studi
dokumen: |
|||||
B.7.2.1.1 |
Struktur kurikulum |
||||
B.7.2.1.2 |
Jadwal pelajaran |
||||
B.7.2.1.3 |
Daftar hadir guru |
||||
B.7.2.1.4 |
Peraturan akademik |
||||
B.7.3 |
Memfasilitasi efektivitas tim kerja guru dalam rangka |
||||
meningkatkan mutu pembelajaran |
|||||
B.7.3.1 |
Bukti pelaksanaan kerja sama guru pada tingkat satuan |
||||
pendidikan, antar satuan pendidikan dalam |
|||||
meningkatkan mutu perencanaan, proses, pembelajaran |
|||||
Studi
dokumen: |
|||||
B.7.3.1.1 |
Program KKG/MGMP di madrasah |
||||
B.7.3.1.2 |
Laporan pelaksanaan KKG/MGMP |
||||
B.7.4 |
Mampu mengembangkan pelayanan belajar yang inovatif melalui |
||||
pengembangan perangkat dan sumber belajar yang terbarukan |
|||||
B.7.4.1 |
Bukti penggunaan metode hasil pelatihan paling akhir, |
||||
memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi, |
|||||
penggunaan alat peraga, teknik evaluasi baru yang |
|||||
menghasilkan produk belajar peserta didik yang |
|||||
dipublikasikan di lingkungan madrasah atau media lain |
|||||
Observasi
kelas, studi dokumen wawancara dengan |
|||||
siswa
dan guru: |
|||||
B.7.4.1.1 |
Menelaah ragam metode, media dan sumber |
||||
belajar yang digunakan dalam RPP |
|||||
B.7.5 |
Memfasilitasi peserta didik dalam mengembangkan kolaborasi |
||||
dan kompetisi bidang akademik dan nonakademik |
|||||
B.7.5.1 |
Data kegiatan kolaborasi dan kompetisi peserta didik |
||||
tingkat madrasah, baik akademik dan non akademik |
|||||
Wawancara
dan studi dokumen: |
|||||
B.7.5.1.1 |
Program, laporan dan dokumen kegiatan |
||||
kesiswaan (kegiatan akademik maupun |
|||||
non akademik) |
|||||
B.7.5.1.2 |
Data prestasi akademik maupun nonakademik |
||||
B.8 |
Mengelola keuangan madrasah sesuai dengan prinsip pengelolaan |
||||
yang akuntabel, transparan, dan efisien |
|||||
B.8.1 |
Mampu merencanakan kebutuhan keuangan madrasah sesuai |
||||
dengan rencana pengembangan madrasah, baik jangka pendek |
|||||
maupun jangka panjang |
|||||
B.8.1.1 |
Dokumen RKJM dan RKTM |
||||
Studi
dokumen: |
|||||
B.8.1.1.1 |
RKJM dan RKTM |
||||
B.8.1.1.2 |
Laporan keuangan |
||||
B.8.1.1.3 |
Buku kas |
||||
B.8.2 |
Mampu mengupayaan sumber-sumber keuangan terutama |
||||
dari luar madrasah dan dari unit usaha madrasah |
|||||
B.8.2.1 |
Dokumen RKJM dan RKTM |
||||
Studi
dokumen: |
|||||
B.8.2.1.1 |
RKJM dan RKTM |
||||
B.8.3 |
Mampu mengkoordinasikan pembelajaran keuangan sesuai |
||||
dengan peraturan dan perundang-undangan berdasarkan asas |
|||||
prioritas dan efisiensi |
|||||
B.8.3.1 |
Dokumen RKJM dan RKTM |
||||
Studi
dokumen: |
|||||
B.8.3.1.1 |
RKJM dan RKTM |
||||
B.8.4 |
Mampu membuat laporan dan evaluasi pengelolaan keuangan |
||||
madrasah sesuai dengan prinsip efisien, tranparan, dan
akuntabel |
|||||
B.8.4.1 |
Dokumen RKJM dan RKTM |
||||
Studi
dokumen: |
|||||
B.8.4.1.1 |
RKJM dan RKTM |
||||
B.8.4.1.2 |
Laporan keuangan |
||||
B.8.4.1.3 |
Buku kas |
||||
B.9 |
Mengelola ketatausahaan madrasah dalam mendukung pencapaian |
||||
tujuan madrasah |
|||||
B.9.1 |
Mampu mengelola administrasi surat masuk dan surat keluar |
||||
sesuai dengan pedoman persuratan yang berlaku |
|||||
B.9.1.1 |
Adanya bukti dokumen surat masuk dan keluar |
||||
Studi
dokumen: |
|||||
B.9.1.1.1 |
Surat masuk dan keluar |
||||
B.9.2 |
Mampu mengelola administrasi madrasah yang meliputi |
||||
administrasi akademik, kesiswaan, sarana/prasarana, keuangan, |
|||||
dan hubungan madrasah dengan masyarakat |
|||||
B.9.2.1 |
Adanya bukti dokumen administrasi madrasah |
||||
Studi
dokumen: |
|||||
B.9.2.1.1 |
Administrasi madrasah (akademik, kesiswaan, |
||||
sarana/prasaran, keuangan, dan hubungan |
|||||
madrasah dengan masyarakat) |
|||||
B.9.3 |
Mampu mengelola administrasi kearsipan madrasah baik arsip |
||||
dinamis maupun arsip lainnya |
|||||
B.9.3.1 |
Adanya bukti dokumen administrasi madrasah |
||||
Studi
dokumen: |
|||||
B.9.3.1.1 |
Administrasi madrasah |
||||
B.9.4 |
Mampu mengelola administrasi akreditasi madrasah sesuai |
||||
dengan prinsip-prinsip tersedianya dokumen pendukung dan |
|||||
bukti fisik |
|||||
B.9.4.1 |
Adanya bukti dokumen administrasi madrasah |
||||
Studi
dokumen: |
|||||
B.9.4.1.1 |
Administrasi pemenuhan 8 SNP madrasah |
||||
B.10 |
Melakukan monitoring, evaluasi, dan pelaporan pelaksanaan
program |
||||
kegiatan madrasah dengan prosedur yang tepat, serta
merencanakan |
|||||
tindak lanjutnya |
|||||
B.10.1 |
Menyusun standar kinerja program pendidikan yang dapat |
||||
diukur dan dinilai |
|||||
B.10.1.1 |
Dokumen SKP yang terukur |
||||
Studi
dokumen: |
|||||
B.10.1.1.1 |
SKP yang terukur |
||||
B.10.2 |
Melakukan monitoring dan evaluasi kinerja program pendidikan |
||||
dengan menggunakan teknik yang sesuai |
|||||
B.10.2.1 |
Dokumen pelaksanaan monitoring dan evaluasi yang |
||||
sesuai |
|||||
Studi
dokumen: |
|||||
B.10.2.1.1 |
Pelaksanaan monitoring dan evaluasi yang |
||||
sesuai |
|||||
B.10.3 |
Menyusun laporan sesuai dengan standar pelaporan monitoring |
||||
dan evaluasi |
|||||
B.10.3.1 |
Dokumen laporan pelaksanaan monitoring dan evaluasi |
||||
Studi
dokumen: |
|||||
B.10.3.1.1 |
Laporan pelaksanaan monitoring dan evaluasi |
||||
B.10.4 |
Merumuskan program tindak lanjut berdasarkan hasil evaluasi |
||||
pelaksanaan program sebelumnya |
|||||
B.10.4.1 |
Dokumen program tindak lanjut berdasarkan hasil |
||||
monitring dan evaluasi |
|||||
Studi
dokumen: |
|||||
B.10.4.1.1 |
Program tindak lanjut berdasarkan hasil |
||||
monitring dan evaluasi |
B. PELAKSANAAN TUGAS MANAJERIAL
Langganan:
Postingan (Atom)