C. Pengembangan Kewirausahaan

C.

PENGEMBANGAN KEWIRAUSAHAAN

C.1

Menciptakan inovasi yang bermanfaat dan tepat bagi pengembangan

madrasah

C.1.1

Memahami dan menghayati arti dan tujuan perubahan (inovasi) 

madrasah

C.1.1.1

Adanya bukti perubahan madrasah yang lebih baik dari

tahun ke tahun

Melalui studi dokumen:

C.1.1.1.1

Program pengembangan kewirausahaan

C.1.2

Menggunakan metode, teknik dan proses perubahan madrasah

C.1.2.1

Adanya bukti strategi dalam perubahan madrasah yang

lebih baik

Melalui observasi:

C.1.2.1.1

Pemanfaatan hasil inovasi dan kreatifitas

C.1.2.1.2

Membudayakan hasil inovasi dan kreatifitas

C.1.2.1.3

Pengembangan pembudayaan inovasi dan

kreatifitas

C.1.3

Menumbuhkan iklim yang mendorong kebebasan berfikir untuk

menciptakan kreativitas dan inovasi

C.1.3.1

Adanya bukti iklim yang mendorong kebebasan berpikir

kreatif dan inovatif

Melalui observasi dan studi dokumen:

C.1.3.1.1

Data Jenis usaha produktif yang dimiki

C.1.3.1.2

Program pengeloaan dan pendayagunaan

hasil usaha

C.1.4

Mendorong warga madrasah untuk melakukan prakarsa/

keberanian moral untuk melakukan hal-hal baru

C.1.4.1

Adanya bukti warga madrasah yang memiliki keberanian

untuk melakukan hal – hal baru

Melalui observasi dan studi dokumen:

C.1.4.1.1

Data Jenis usaha produktif yang dimiki

C.1.4.1.2

Program pengeloaan dan pendayagunaan

hasil usaha

C.2

Bekerja keras untuk mencapai keberhasilan madrasah sebagai organisasi

pembelajaran yang efektif

C.2.1

Mampu bertindak kratif dan inovatif dalam melaksanakan

pekerjaan melalui cara berfikir dan cara bertindak

C.2.1.1

Adanya bukti kegiatan yang kratif dan inovatif dalam

melaksanakan pekerjaan melalui cara berfikir dan cara

bertindak

Melalui observasi dan studi dokumen:

C.2.1.1.1

RPP yang memuat rencana pembelajaran untuk

menumbuhkan keterampilan berpikir dan

bertindak kreatif, produktif, kritis, mandiri,

kolaboratif, dan komunikatif

C.2.1.1.2

Hasil kerja dan karya siswa

C.2.1.1.3

Foto foto aktifitas pembelajaran siswa siswa

C.2.2

Mampu memberdayakan potensi madrasah secara optimal

kedalam berbagai kegiatan-kegiatan produktif yang

menguntungkan madrasah

C.2.2.1

Adanya bukti kegiatan  pemberdayaanpotensi madrasah

secara optimal kedalam berbagai kegiatan-kegiatan

produktif yang menguntungkan madrasah

Melalui observasi, wawancara, dan studi dokumen:

C.2.2.1.1

Rencana Pengembangan Madrasah (RPM)

C.2.2.1.2

Dokumen penanganan permasalahan/ kasus

C.2.2.1.3

Dokumen hasil kegiatan sekola

C.2.2.1.4

Dokumen hasil kegiatan

C.2.2.1.5

Pengembangan madrasah

C.2.3

Mampu menumbuhkan jiwa kewirausahaan (kreatif, inovatif

dan produktif) di kalangan warga madrasah

C.2.3.1

Adanya bukti kegiatan yang membubuhkan jiwa

kewirausahaan (kreatif, inovatif dan produktif)

di kalangan warga madrasah

Melalui observasi, wawancara, dan studi dokumen:

C.2.3.1.1

Rencana Pengembangan Madrasah (RPM)

C.2.3.1.2

Dokumen penanganan permasalahan/ kasus

C.2.3.1.3

Dokumen hasil kegiatan sekola

C.2.3.1.4

Dokumen hasil kegiatan

C.2.3.1.5

Pengembangan madrasah

C.2.4

Mampu mencatat ide-ide baru, kemudian mengembangkannya

C.2.4.1

Adanya bukti kegiatan mencatat ide-ide baru, kemudian

mengembangkannya

Melalui observasi, wawancara, dan studi dokumen:

C.2.4.1.1

Rencana Pengembangan Madrasah

C.3

Memiliki motivasi yang kuat untuk sukses dalam melaksanakan tugas

pokok dan fungsinya sebagai pemimpin madrasah

C.3.1

Bersedia belajar dari orang lain

C.3.1.1

Adanya bukti kemauan belajar dari orang lain

Melalui observasi, wawancara, dan studi dokumen:

C.3.1.1.1

Forum komunikasi dengan lembaga pendidikan

lain dan  orang tua siswa per tingkat kelas/

kelas/ angkatan

C.3.1.1.2

Foto foto kegiatan

C.3.2

Ingin selalu melakukan yang terbaik

C.3.2.1

Adanya bukti keinginan selalu elakukan yang terbaik

Melalui observasi, wawancara, dan studi dokumen:

C.3.2.1.1

Dokumen/foto Pelaksanaan kegiatan

C.3.2.1.2

Keikut sertaan dalam lomba lomba

pembelajaran/ pendidikan maupun manajmen

C.3.2.1.3

Prestasi dalam lomba guru, tenaga

kependidikan dan kepala madrasah

C.3.3

Menciptakan perubahan yang kuat

C.3.3.1

Adanya bukti keinginan untuk melakkukan perubahan

yang kuat

Melalui observasi, wawancara, dan studi dokumen:

C.3.3.1.1

Program inovasi madrasah atau Rencana

Pengembangan Madrasah (RPM)

C.3.3.1.2

Laporan target yang sudah dicapai

C.4

Pantang menyerah dan selalu mencari solusi terbaik dalam menghadapi

kendala yang dihadapi madrasah

C.4.1

Mampu melibatkan tokoh agama, masyarakat, dan pemerintah

dalam memecahkan masalah kelembagaan

C.4.1.1

Adanya bukti kegiatan yang melibatkan tokoh agama,

masyarakat dan pemerintah dalam memecahkan

masalah kelembagaan

Melalui observasi, wawancara, dan studi dokumen:

C.4.1.1.1

MoU dengan pihak lain

C.4.1.1.2

sister school

C.4.1.1.3

kemitraan dengan sekolah lain

C.4.2

Mampu bersikap obyektif/tidak memihak dalam mengatasi

konflik internal madrasah

C.4.2.1

Adanya bukti kagiatan yang menunjukkan sikap obyektif/

tidak memihak dalam mengatasi konflik internal madrasah

Dokumen kegiatan dan foto:

C.4.2.1.1

Dokumen kegiatan dan foto

C.4.3

Mampu bersikap simpatik/tenggang rasa terhadap orang lain

C.4.3.1

Adanya bukti sikap simpatik/ tenggang rasa terhadap

orang lain

Melalui studi dokumen kegiatan dan foto:

C.4.3.1.1

Melalui studi dokumen kegiatan dan foto

C.5

Memiliki naluri kewirausahaan dalam mengelola kegiatan produksi/

jasa madrasah sebagai sumber pembelajaran peserta didik

C.5.1

Mampu merencanakan kegiatan produksi /jasa sesuai dengan

potensi madrasah

C.5.1.1

Dokumen perencanaan kegiatan produksi sesuai

potensi madrasah

Melalui studi dokumen:

C.5.1.1.1

Laporan yang memuat pelaksanaan dan hasil

Program Pengembangan Unit Produksi

Kewirausahaan

C.5.2

Mampu membina kegiatan produksi /jasa sesuai dengan

prinsip-prinsip pengelolaan yang  rofessional dan akuntabel

C.5.2.1

Adanya dokumen pembinaan kegiatan produksi /jasa

sesuai dengan prinsip-prinsip pengelolaan yang 

professional dan akuntabel

Melalui studi dokumen:

C.5.2.1.1

Laporan memuat pelaksanaan dan hasil

Program Pengembangan Unit Produksi

Kewirausahaan

C.5.3

Mampu melaksanakan pengawasan kegiatan produksi/jasa

dan menyusun laporan

C.5.3.1

Adanya dokumen pelaksanakan pengawasan kegiatan

produksi/jasa dan menyusun laporan

Melalui wawancara dan studi dokumen:

C.5.3.1.1

Laporan hasil Evaluasi Program Pengembangan

Kewirausahaan, yang memuat hasil evaluasi

C.5.3.1.2

Program Pengembangan Jiwa Kewirausahaan

C.5.3.1.3

Program Pengembangan Unit Produksi

Kewirausahaan

C.5.4

Mampu mengembangkan kegiatan produksi/jasa dan pemasarannya

C.5.4.1

Adanya dokumen  pengembangan kegiatan produksi/

jasa dan pemasarannya

Melalui wawancara dan studi dokumen:

C.5.4.1.1

Laporan Hasil Evaluasi Program Pengembangan

Kewirausahaan, yang memuat hasil evaluasi

C.5.4.1.2

Program Pengembangan Jiwa Kewirausahaan

C.5.4.1.3

Program Pengembangan Unit Produksi

Kewirausahaan