C. |
PENGEMBANGAN KEWIRAUSAHAAN |
||||
C.1 |
Menciptakan inovasi yang bermanfaat dan tepat bagi
pengembangan |
||||
madrasah |
|||||
C.1.1 |
Memahami dan menghayati arti dan tujuan perubahan
(inovasi) |
||||
madrasah |
|||||
C.1.1.1 |
Adanya bukti perubahan madrasah yang lebih baik dari |
||||
tahun ke tahun |
|||||
Melalui
studi dokumen: |
|||||
C.1.1.1.1 |
Program pengembangan kewirausahaan |
||||
C.1.2 |
Menggunakan metode, teknik dan proses perubahan madrasah |
||||
C.1.2.1 |
Adanya bukti strategi dalam perubahan madrasah yang |
||||
lebih baik |
|||||
Melalui
observasi: |
|||||
C.1.2.1.1 |
Pemanfaatan hasil inovasi dan kreatifitas |
||||
C.1.2.1.2 |
Membudayakan hasil inovasi dan kreatifitas |
||||
C.1.2.1.3 |
Pengembangan pembudayaan inovasi dan |
||||
kreatifitas |
|||||
C.1.3 |
Menumbuhkan iklim yang mendorong kebebasan berfikir untuk |
||||
menciptakan kreativitas dan inovasi |
|||||
C.1.3.1 |
Adanya bukti iklim yang mendorong kebebasan berpikir |
||||
kreatif dan inovatif |
|||||
Melalui
observasi dan studi dokumen: |
|||||
C.1.3.1.1 |
Data Jenis usaha produktif yang dimiki |
||||
C.1.3.1.2 |
Program pengeloaan dan pendayagunaan |
||||
hasil usaha |
|||||
C.1.4 |
Mendorong warga madrasah untuk melakukan prakarsa/ |
||||
keberanian moral untuk melakukan hal-hal baru |
|||||
C.1.4.1 |
Adanya bukti warga madrasah yang memiliki keberanian |
||||
untuk melakukan hal – hal baru |
|||||
Melalui
observasi dan studi dokumen: |
|||||
C.1.4.1.1 |
Data Jenis usaha produktif yang dimiki |
||||
C.1.4.1.2 |
Program pengeloaan dan pendayagunaan |
||||
hasil usaha |
|||||
C.2 |
Bekerja keras untuk mencapai keberhasilan madrasah sebagai
organisasi |
||||
pembelajaran yang efektif |
|||||
C.2.1 |
Mampu bertindak kratif dan inovatif dalam melaksanakan |
||||
pekerjaan melalui cara berfikir dan cara bertindak |
|||||
C.2.1.1 |
Adanya bukti kegiatan yang kratif dan inovatif dalam |
||||
melaksanakan pekerjaan melalui cara berfikir dan cara |
|||||
bertindak |
|||||
Melalui
observasi dan studi dokumen: |
|||||
C.2.1.1.1 |
RPP yang memuat rencana pembelajaran untuk |
||||
menumbuhkan keterampilan berpikir dan |
|||||
bertindak kreatif, produktif, kritis, mandiri, |
|||||
kolaboratif, dan komunikatif |
|||||
C.2.1.1.2 |
Hasil kerja dan karya siswa |
||||
C.2.1.1.3 |
Foto foto aktifitas pembelajaran siswa siswa |
||||
C.2.2 |
Mampu memberdayakan potensi madrasah secara optimal |
||||
kedalam berbagai kegiatan-kegiatan produktif yang |
|||||
menguntungkan madrasah |
|||||
C.2.2.1 |
Adanya bukti kegiatan
pemberdayaanpotensi madrasah |
||||
secara optimal kedalam berbagai kegiatan-kegiatan |
|||||
produktif yang menguntungkan madrasah |
|||||
Melalui
observasi, wawancara, dan studi dokumen: |
|||||
C.2.2.1.1 |
Rencana Pengembangan Madrasah (RPM) |
||||
C.2.2.1.2 |
Dokumen penanganan permasalahan/ kasus |
||||
C.2.2.1.3 |
Dokumen hasil kegiatan sekola |
||||
C.2.2.1.4 |
Dokumen hasil kegiatan |
||||
C.2.2.1.5 |
Pengembangan madrasah |
||||
C.2.3 |
Mampu menumbuhkan jiwa kewirausahaan (kreatif, inovatif |
||||
dan produktif) di kalangan warga madrasah |
|||||
C.2.3.1 |
Adanya bukti kegiatan yang membubuhkan jiwa |
||||
kewirausahaan (kreatif, inovatif dan produktif) |
|||||
di kalangan warga madrasah |
|||||
Melalui
observasi, wawancara, dan studi dokumen: |
|||||
C.2.3.1.1 |
Rencana Pengembangan Madrasah (RPM) |
||||
C.2.3.1.2 |
Dokumen penanganan permasalahan/ kasus |
||||
C.2.3.1.3 |
Dokumen hasil kegiatan sekola |
||||
C.2.3.1.4 |
Dokumen hasil kegiatan |
||||
C.2.3.1.5 |
Pengembangan madrasah |
||||
C.2.4 |
Mampu mencatat ide-ide baru, kemudian mengembangkannya |
||||
C.2.4.1 |
Adanya bukti kegiatan mencatat ide-ide baru, kemudian |
||||
mengembangkannya |
|||||
Melalui
observasi, wawancara, dan studi dokumen: |
|||||
C.2.4.1.1 |
Rencana Pengembangan Madrasah |
||||
C.3 |
Memiliki motivasi yang kuat untuk sukses dalam melaksanakan
tugas |
||||
pokok dan fungsinya sebagai pemimpin madrasah |
|||||
C.3.1 |
Bersedia belajar dari orang lain |
||||
C.3.1.1 |
Adanya bukti kemauan belajar dari orang lain |
||||
Melalui
observasi, wawancara, dan studi dokumen: |
|||||
C.3.1.1.1 |
Forum komunikasi dengan lembaga pendidikan |
||||
lain dan orang tua siswa
per tingkat kelas/ |
|||||
kelas/ angkatan |
|||||
C.3.1.1.2 |
Foto foto kegiatan |
||||
C.3.2 |
Ingin selalu melakukan yang terbaik |
||||
C.3.2.1 |
Adanya bukti keinginan selalu elakukan yang terbaik |
||||
Melalui
observasi, wawancara, dan studi dokumen: |
|||||
C.3.2.1.1 |
Dokumen/foto Pelaksanaan kegiatan |
||||
C.3.2.1.2 |
Keikut sertaan dalam lomba lomba |
||||
pembelajaran/ pendidikan maupun manajmen |
|||||
C.3.2.1.3 |
Prestasi dalam lomba guru, tenaga |
||||
kependidikan dan kepala madrasah |
|||||
C.3.3 |
Menciptakan perubahan yang kuat |
||||
C.3.3.1 |
Adanya bukti keinginan untuk melakkukan perubahan |
||||
yang kuat |
|||||
Melalui
observasi, wawancara, dan studi dokumen: |
|||||
C.3.3.1.1 |
Program inovasi madrasah atau Rencana |
||||
Pengembangan Madrasah (RPM) |
|||||
C.3.3.1.2 |
Laporan target yang sudah dicapai |
||||
C.4 |
Pantang menyerah dan selalu mencari solusi terbaik dalam
menghadapi |
||||
kendala yang dihadapi madrasah |
|||||
C.4.1 |
Mampu melibatkan tokoh agama, masyarakat, dan pemerintah |
||||
dalam memecahkan masalah kelembagaan |
|||||
C.4.1.1 |
Adanya bukti kegiatan yang melibatkan tokoh agama, |
||||
masyarakat dan pemerintah dalam memecahkan |
|||||
masalah kelembagaan |
|||||
Melalui
observasi, wawancara, dan studi dokumen: |
|||||
C.4.1.1.1 |
MoU dengan pihak lain |
||||
C.4.1.1.2 |
sister school |
||||
C.4.1.1.3 |
kemitraan dengan sekolah lain |
||||
C.4.2 |
Mampu bersikap obyektif/tidak memihak dalam mengatasi |
||||
konflik internal madrasah |
|||||
C.4.2.1 |
Adanya bukti kagiatan yang menunjukkan sikap obyektif/ |
||||
tidak memihak dalam mengatasi konflik internal madrasah |
|||||
Dokumen
kegiatan dan foto: |
|||||
C.4.2.1.1 |
Dokumen kegiatan dan foto |
||||
C.4.3 |
Mampu bersikap simpatik/tenggang rasa terhadap orang lain |
||||
C.4.3.1 |
Adanya bukti sikap simpatik/ tenggang rasa terhadap |
||||
orang lain |
|||||
Melalui
studi dokumen kegiatan dan foto: |
|||||
C.4.3.1.1 |
Melalui studi dokumen kegiatan dan foto |
||||
C.5 |
Memiliki naluri kewirausahaan dalam mengelola kegiatan
produksi/ |
||||
jasa madrasah sebagai sumber pembelajaran peserta didik |
|||||
C.5.1 |
Mampu merencanakan kegiatan produksi /jasa sesuai dengan |
||||
potensi madrasah |
|||||
C.5.1.1 |
Dokumen perencanaan kegiatan produksi sesuai |
||||
potensi madrasah |
|||||
Melalui
studi dokumen: |
|||||
C.5.1.1.1 |
Laporan yang memuat pelaksanaan dan hasil |
||||
Program Pengembangan Unit Produksi |
|||||
Kewirausahaan |
|||||
C.5.2 |
Mampu membina kegiatan produksi /jasa sesuai dengan |
||||
prinsip-prinsip pengelolaan yang rofessional dan akuntabel |
|||||
C.5.2.1 |
Adanya dokumen pembinaan kegiatan produksi /jasa |
||||
sesuai dengan prinsip-prinsip pengelolaan yang |
|||||
professional dan akuntabel |
|||||
Melalui
studi dokumen: |
|||||
C.5.2.1.1 |
Laporan memuat pelaksanaan dan hasil |
||||
Program Pengembangan Unit Produksi |
|||||
Kewirausahaan |
|||||
C.5.3 |
Mampu melaksanakan pengawasan kegiatan produksi/jasa |
||||
dan menyusun laporan |
|||||
C.5.3.1 |
Adanya dokumen pelaksanakan pengawasan kegiatan |
||||
produksi/jasa dan menyusun laporan |
|||||
Melalui
wawancara dan studi dokumen: |
|||||
C.5.3.1.1 |
Laporan hasil Evaluasi Program Pengembangan |
||||
Kewirausahaan, yang memuat hasil evaluasi |
|||||
C.5.3.1.2 |
Program Pengembangan Jiwa Kewirausahaan |
||||
C.5.3.1.3 |
Program Pengembangan Unit Produksi |
||||
Kewirausahaan |
|||||
C.5.4 |
Mampu mengembangkan kegiatan produksi/jasa dan pemasarannya |
||||
C.5.4.1 |
Adanya dokumen pengembangan
kegiatan produksi/ |
||||
jasa dan pemasarannya |
|||||
Melalui
wawancara dan studi dokumen: |
|||||
C.5.4.1.1 |
Laporan Hasil Evaluasi Program Pengembangan |
||||
Kewirausahaan, yang memuat hasil evaluasi |
|||||
C.5.4.1.2 |
Program Pengembangan Jiwa Kewirausahaan |
||||
C.5.4.1.3 |
Program Pengembangan Unit Produksi |
||||
Kewirausahaan |
C. Pengembangan Kewirausahaan
Langganan:
Postingan (Atom)